Tesis

Exploration on The Topics for Nutrition Education In Junior High School Curriculum and Its Implementation: A Qualitative Study in Jakarta = Eksplorasi Topik dan Implementasi Edukasi Gizi di Dalam Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP): Sebuah Studi Kualitatif di Jakarta.

This qualitative study explored school-based nutrition education integrated into curriculum and its implementation. This study used document review, focus group discussion and in-depth interview. Students, civitas academica and textbooks of Junior High School also resource persons in curriculum and nutrition included. Document review on textbooks was aimed to see the presence and the depth of the messages of Indonesian Guidelines for Balance Diet. The study found, 8 out of 10 messages were delivered on the textbooks. It also gave a better understanding in students’ knowledge on nutrition, students’ perception of teaching method and needs for nutrition information.
Key Words: School-based nutrition education, Junior High School, Indonesian Guidelines for Balance Diet


Penelitian kualitatif ini membahas tentang Pendidikan gizi pada kurikulum dan implementasinya di SMP. Metode pengambilan data menggunakan document review, Focus Group Discussion dan wawancara mendalam. Penelitian ini mengikutsertakan siswa, staf akademik sekolah dan buku pelajaran SMP serta narasumber di bidang kesehatan dan kurilum. Document review dilakukan pada buku pelajaran untuk mengetahui keberadaan dan kedalaman pesan gizi seimbang. Penelitian ini menunjukkan ada 8 pesan dari 10 pesan yang disampaikan. Secara garis besar penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang pengetahuan gizi siswa, persepsi dan keinginan siswa terkait metode pembelajaran dan informasi gizi yang dibutuhkan.
Kata Kunci: Pendidikan gizi di sekolah, SMP, pedoman gizi seimbang

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Pramesthi Widya Hapsari - Nama Orang
Saptawati Bardosono - Nama Orang
Judhiastuty Februhartanty - Nama Orang

No. Panggil
T17185fk
Penerbit
Jakarta : Nutritional Sciences Study Program.,
Deskripsi Fisik
xvii, 133 hlm., 21cm x 30cm + Lampiran
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T17185fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17185FKT17185fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Exploration on The Topics for Nutrition Education In Junior High School Curriculum and Its Implementation: A Qualitative Study in Jakarta = Eksplorasi Topik dan Implementasi Edukasi Gizi di Dalam Kurikulum Sekolah Menengah Pertama (SMP): Sebuah Studi Kualitatif di Jakarta.

Related Collection