Tesis

Exploring Factors related to Food Choice and Dietary Pratices among Women in Urban Slum Area: A Qualitative Study = Eksplorasi Faktor terkait Pilihan Pangan dan Praktik Konsumsi Pangan pada Wanita di Area Kumuh Perkotaan: Kualitatif Studi.

Studies shown food environment reflects dietary practices among various age populations, including women as household food gatekeepers. The present qualitative study aims to elicit current dietary practices shaped by food choice. Main data collection was obtained from in-depth interviews to eighteen (n=18) women with different self-reported BMI status. Observation and focus group discussion were carried on to attain insights on communal activities and practices. Content analysis was applied. Women reported that purchasing decision was limited to food available nearby and childrenā€˜s preferred menu. Preference to foods that was cheap, convenient, tasty and plentiful led women to consume foods high in fats, carbohydrates, sugars and salts. Food stores that were massively available surrounding the residents satisfied the demands on such kinds of unhealthy foods. Door to door promotion by convenience store crews, increase access of cooking oil. This study provides insights to foster healthier food choice among urban slum women.
Keywords: Food choice, food environment, food stores, marketing strategies, urban slum, Indonesia



Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pangan mencerminkan pola makan pada populasi dari bermacam kalangan usia, termasuk wanita sebagai penyedia pangan dalam rumah tangga. Studi kualitatif ini bertujuan untuk memperoleh pola makan yang dibentuk oleh pilihan pangan. Pengumpulan data yang utama diperoleh dari wawancara mendalam kepada delapan belas (n=18) wanita dengan BMI status yang berbeda berdasarkan laporan individu. Analisis isi diterapkan pada data analisis. Para wanita melaporkan keputusan pembelian makanan dibatasi oleh makanan yang tersedia di area sekitar tempat tinggal dan menu pilihan anak. Kecenderungan pada makanan yang murah, enak, siap saji dan banyak mengarahkan wanita pada konsumsi tinggi lemak, karbohidrat, gula dan garam. Toko makanan yang banyak tersedia mengelilingi area tinggal memenuhi permintaan terhadap makanan kurang sehat tersebut. Promosi ke rumah oleh karyawan supermarket meningkatkan akses pada minyak. Studi ini memberikan wawasan untuk membantu mengembangkan metode advokasi dan edukasi yang berguna untuk perencanaan program gizi pada wanita di area kumuh perkotaan.
Kata kunci: Pilihan pangan, lingkungan pangan, toko makanan, strategi pemasaran, area kumuh perkotaan, Indonesia

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Dian Luthfiana Sufyan - Nama Orang
Saptawati Bardosono - Nama Orang
Judhiastuty Februhartanty - Nama Orang

No. Panggil
T 16 134 FK
Penerbit
Jakarta : Study Program in Nutrition.,
Deskripsi Fisik
xiii, 79 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T16134FKT16134FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Exploring Factors related to Food Choice and Dietary Pratices among Women in Urban Slum Area: A Qualitative Study = Eksplorasi Faktor terkait Pilihan Pangan dan Praktik Konsumsi Pangan pada Wanita di Area Kumuh Perkotaan: Kualitatif Studi.

Related Collection