Text

Analisis Sperma

Analisis semen atau sering disebut pula dengan analisis sperma memberikan informasi penting tentang status fertilitas laki-laki.1 Analisis sperma dapat dilakukan oleh manusia (dokter/analis) dengan menggunakan bilik hitung Makler atau Neubaur dan mikroskop, atau oleh computer, biasa disebut dengan Computer-Aided Sperm Analysis (CASA). Kedua metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Analisis sperma dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat sebelumnya, diantaranya sebagai berikut:

a. Sampel dikoleksi dengan melakukan abstinensia atau menghindari aktivitas seksual atau mengeluarkan air mani/ejakulat mandiri (masturbasi atau mimpi basah) selama minimal tiga hari atau tidak lebih dari tujuh hari. Idealnya analisis semen dilakukan setelah 3 – 5 hari abstinensia.
b. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan dua kali, dengan jarak tidak boleh kurang dari 7 hari atau lebih dari 3 minggu diantara kedua pemeriksaan tersebut.
c. Pengumpulan sampel sebaiknya dilakukan di kamar tersendiri di dekat laboratorium. Jika tidak memungkinkan, sampel dapat dikeluarkan di rumah atau hotel, dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 jam sejak pengumpulan.
d. Sampel dikumpulan dengan cara masturbasi atau senggama terputus, kemudian ditampung harus di dalam wadah yang bersih dan steril, bermulut lebar dan terbuat dari kaca atau plastik yang tidak toksik terhadap sperma.
e. Wadah sampel dijaga dalam suhu lingkungan antara 20 - 40°C agar tidak mempengaruhi atau merusak sperma. Dengan kata lain, sampel harus dilindungi dari suhu ekstrim, yakni kurang dari 20°C atau lebih dari 40°C.
f. Wadah sampel harus diberi label dengan keterangan yang cukup, berupa nama, tanggal lahir dan nomor identifikasi, disertai tanggal dan waktu pengumpulannya.2

Judul Seri
Analisis Sperma
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Silvia W Lestari - Nama Orang

No. Panggil
DIK22001FK
Penerbit
Jakarta : Departemen Biologi Kedokteran - FKUI.,
Deskripsi Fisik
File digital
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DIK22001FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Diktat
DIK22001FKDIK22001FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis Sperma

Related Collection