Text

Tatalaksana Keluhan Vasomotor Pada Wanita Menopause/Pasca-Menopause

Diktat ini disusun sebagai sebuah materi pendalaman mengenai Tatalaksana keluhan vasomotor pada wanita menopause/pasca-menopause. Sebagaimana kita ketahui bahwa keluhan vasomotor merupakan keluahan yang sering disampaikan wanita dikala berada pada masa transisi menopause. Keluhan vasomotor ditandai dengan adanya gejala gejolak panas yang dapat disertai dengan banyak berkeringat di malam hari, iritabilita, gangguan kualitas tidur. Keluhan vasomotor ini disebabkan oleh kadar hormon ovarium yang berfluktuasi, sebelum kemudian produksi hormon ovarium seperti estradiol, progestin dan androgen akan menjadi sangat sedikit dan habis. Faktor lain yang menyebabkan adalah kelainan genetik dan epigenetic.
Jika terdapat faktor predisposisi, maka keluhan gangguan vasomotor pada masa transisi menopause akan berkaitan dengan peningkatan kejadian depresi dan bahkan gangguan fungsi kognitif dari sedang sampai berat.
Tatalaksana yang diberikan adalah bersifat multifaset, yaitu tidak saja dalam bentuk terapi medikamentosa, melainkan juga diperlukan adanya pendampingan, dukungan dan perbaikan gaya hidup. Tatalaksana medikamentosa yang utama adalah terapi hormonal yang dapat memberikan manfaat klinis sangat baik. Namun seringkali terkendala dengan efek sampingnya seperti stroke, penyakit jantung koroner, kanker payudara, dsb. Sehingga saat ini telah dikembangkan beberapa terapi nir-hormon seperti fitoestrogen, obat antidepresan dan obat pendukung lainnya.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2020
Pengarang

Andon Hestiantoro - Nama Orang

No. Panggil
DIK20002FK
Penerbit
Jakarta : Departemen Obstetri & Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
File digital
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
DIK20002FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Diktat
DIK20002FKDIK20002FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Tatalaksana Keluhan Vasomotor Pada Wanita Menopause/Pasca-Menopause

Related Collection