Skripsi

Child Development in Daycare and Playgroup of Taman Pengembangan Anak Makara, Universitas Indonesia, Depok, West Java, and The Influencing Factors = Perkembangan Anak di Tempat Penitipan Anak dan Kelompok Bermain Taman Pengembangan Anak Makara, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Background: Child development is a very important aspect in early childhood life. There are many factors that play a role in determining child developmental status. Currently, there are many early childhood care and education centres in Indonesia. Those centres are really related with child development status. However, the number of research regarding the relation between child development with early childhood care and education centre in Indonesia is still lacking.
Methods: This research used cross sectional study. The sample was from the children of daycare and playgroup Taman Pengembangan Anak (TPA) Makara who have done Denver Developmental Screening Test II (DDST-II). The subjects’ parents and the TPA Makara staff were also involved to answer the questionnaire given. Secondary data from the result of DDST-II and the primary data from the questionnaires were analyzed using SPSS version 20 with Chi-Square method.
Result: There was no significance difference between child development in daycare and playgroup TPA Makara (p = 0.232). The characteristics of the subjects, subjects’ parents, facilities, and activities for children at home, daycare, and playgroup did not show significant association too with the child developmental status (p > 0.05).
Conclusion: There was no significant differences of the child development in daycare and child development in playgroup TPA Makara. The suspected influencing factors did not show significant association with child development in daycare and playgroup TPA Makara.
Keywords: Child; Child Development; Daycare; Influencing Factors; Playgroup


Latar Belakang: Perkembangan anak adalah aspek yang sangat penting di awal kehidupan anak. Ada banyak faktor yang berperan dalam menentukan perkembangan anak, Saat ini, begitu banyak pusat pelayanan dan pendidikan dini untuk anak di Indonesia. Pusat-pusat tersebut mempunya ikatan erat dengan status perkembangan anak. Namun, jumlah riset yang membahas hubungan antara perkembangan anak dengan pelayanan dan pendidikan anak usia dini masih minim.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode potong lintang. Sampel penelitian berasal dari anak-anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain Taman Pengembangan Anak (TPA) Makara yang sudah menjalani uji Denver Developmental Screening Test II (DDST-II). Orangtua subyek dan staf TPA Makara dilibatkan untuk menjawab kuesioner. Data sekunder yang dikumpulkan dari hasil DDST II dan data primer kuesioner dianalisis menggunakan SPSS versi 20 dengan metode Chi Square.
Hasil: Tidak ada perbedaan signifikan antara perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara (p = 0.232). Karakteristik subyek, orangtua subyek, fasilitas, dan aktivitas anak di rumah, tempat penitipan anak, serta kelompok bermain tidak menunjukkan hubungan yang signifikan pula dengan perkembangan anak (p > 0.05).
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan yang bermakna dan signifikan pada perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perkembangan anak tidak menunjukkan hubungan yang signifikan terhadap perkembangan anak di tempat penitipan anak dan kelompok bermain TPA Makara.
Kata Kunci: Anak; Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan; Kelompok Bermain; Perkembangan Anak; Tempat Penitipan Anak.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Tiara Grevillea - Nama Orang
Soedjatmiko - Nama Orang

No. Panggil
S17202fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
xiii, 85 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S17202fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S17202fkS17202fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Child Development in Daycare and Playgroup of Taman Pengembangan Anak Makara, Universitas Indonesia, Depok, West Java, and The Influencing Factors = Perkembangan Anak di Tempat Penitipan Anak dan Kelompok Bermain Taman Pengembangan Anak Makara, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.

Related Collection