Tesis

Pengaruh Stimulasi Dongeng pada Nilai kognitif dan Bahasa Anak dengan Pemeriksaan Capute Scales = Effect of Storytelling as Stimulation on Cognitive and Language Development with Capute Scales Test .

Latar belakang: Seorang anak dapat tumbuh sehat dan cerdas karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bahasa merupakan salah satu indikator perkembangan kemampuan kognitif anak. Pengalaman sensorik, stimulasi dan pajanan bahasa selama periode ini dapat menentukan sinaptogenesis, mielinisasi, dan hubungan sinaptik. Membacakan buku cerita/dongeng kepada anak dapat memperkaya proses pembelajaran bahasa dan bahkan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi secara bersamaan, namun saat ini belum diteliti di Indonesia. Tujuan: Mengetahui nilai kognitif (Developmental Quotient Cognitive Adaptive test), bahasa (Developmental Quotient Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale), Full Scale Developmental Quotient, usia bahasa reseptif dan ekspresif pada anak. Metode: Penelitian quasi eksperimental pre-post test dilakukan pada lima Posyandu dan kunjungan rumah di Cilandak, Jakarta Selatan, Indonesia, pada bulan September 2017 hingga November 2018. Subyek penelitian adalah anak-anak usia 12-30 bulan sebanyak 24 anak pada masing-masing grup (grup perlakuan dan grup kontrol). Dilakukan pemeriksaan kemampuan kognitif dan bahasa anak sebelum dan sesudah stimulasi melalui nilai kognitif (Developmental Quotient Cognitive Adaptive Test), bahasa (Developmental Quotient Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale), Full Scale Developmental Quotient, usia bahasa reseptif dan ekspresif dimana pemeriksaan ini dilakukan oleh dua orang dokter anak berbeda yang sudah terlatih. Kedua grup dilakukan pemeriksaan sebanyak dua kali dengan menggunakan Capute Scales. Subyek pada grup perlakuan mendapatkan stimulasi selama 12 minggu diantara pemeriksaan Capute Scale pertama dan kedua. Sementara subyek pada grup kontrol mendapatkan stimulasi setelah dilakukan pemeriksaan Capute Scale kedua. Stimulasi yang diberikan kepada grup kontrol dilakukan semata-mata untuk etik suatu penelitian. Hasil:. Setelah intervensi nilai Developmental Quotient Cognitive Adaptive Test, Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale, Full Scale, pada grup perlakuan lebih tinggi dibandingkan grup kontrol, dengan hasil berturut-turut sebagai berikut: DQ CAT : 97.35% vs 89.18% (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Purnama Fitri - Nama Orang
Soedjatmiko - Nama Orang
Bernie Endyarni Medise - Nama Orang

No. Panggil
T18287fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xv, 100 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18287fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18287fkT18287fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Stimulasi Dongeng pada Nilai kognitif dan Bahasa Anak dengan Pemeriksaan Capute Scales = Effect of Storytelling as Stimulation on Cognitive and Language Development with Capute Scales Test .

Related Collection