Tesis

Derajat Metilasi DNA dan Tingkat Ekspresi mRNA Gen Reseptor Progesteron B (PR-B) pada Jaringan Endometriosis Peritoneum, Endometrioma, Endometrium dan Darah Menstruasi Pasien Endometriosis = DNA methylation and mRNA expression level of Progesterone Receptor B (PR-B )gene in peritoneal endometriosis, endometrioma, endometrium and menstrual blood of endometriosis patients.

Latar belakang: Resistensi progesteron akibat gangguan ekspresi reseptor progesteron pada jaringan endometriosis telah diketahui menjadi faktor yang memperberat kondisi klinis pasien endometriosis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat metilasi DNA pada promoter gen PR-B pada berbagai jaringan endometriosis seperti eutopik endometrium, lesi ektopik peritoneum, endometrioma dan darah menstruasi serta pengaruhnya terhadap ekspresi mRNAnya dibandingkan dengan kontrol endometrium normal; untuk mengetahui patomekanisme endometriosis pada berbagai lokasi terkait dengan resistensi progesteron. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang yang melibatkan 20 sampel untuk masing-masing kelompok kasus dan kontrol. Tingkat metilasi DNA dari gen PRB diukur menggunakan metode Methylated Specific PCR (MSP) lalu intensitas pita di dalam gel agarose dihitung dengan software ImageJ. Presentase intensitas pita pada sampel dibandingkan dengan kontrol positif disebut dengan tingkat metilasi DNA. Pengukuran ekspresi relatif mRNA PR-B menggunakan qRT-PCR dua tahap dan analisis dilakukan dengan metode Livak. Hasil: Dari penelitian ini didapatkan perbedaan bermakna antara tingkat metilasi DNA gen PR-B pada jaringan endometriosis ektopik peritoneum (72,4% termetilasi), endometrioma (85% termetilasi) dan eutopik endometrium (72,21% termetilasi) dibandingan dengan kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Darmawi - Nama Orang
ASMARINAH - Nama Orang
R. Muharam - Nama Orang

No. Panggil
T18250fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xv, 106 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18250fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18250fkT18250fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Derajat Metilasi DNA dan Tingkat Ekspresi mRNA Gen Reseptor Progesteron B (PR-B) pada Jaringan Endometriosis Peritoneum, Endometrioma, Endometrium dan Darah Menstruasi Pasien Endometriosis = DNA methylation and mRNA expression level of Progesterone Receptor B (PR-B )gene in peritoneal endometriosis, endometrioma, endometrium and menstrual blood of endometriosis patients.

Related Collection