Tesis

Peran Latihan Fisik Intradialitik Terhadap Kapasitas Fisik, Inflamasi, dan Status Nutrisi Pasien Hemodialisis Dua Kali Seminggu = The Role of Intradialytic Exercise in Physical Capacity, Inflammation, and Nutritional Status of Twice-a-Week Dialysis Patients.

Latar Belakang: Pasien hemodialisis (HD) memiliki tingkat aktivitas yang rendah sehingga menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan kematian. Inaktivitas pada pasien HD dipengaruhi inflamasi kronik dan malnutrisi. Latihan fisik intradialitik adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas fisik, menurunkan tingkat inflamasi, dan memperbaiki status nutrisi. Belum diketahui peran latihan fisik intradialitik pada pasien HD dua kali seminggu. Tujuan: Mengetahui peran latihan fisik intradialitik dua kali seminggu terhadap kapasitas fisik, inflamasi, dan status nutrisi serta mengetahui jenis latihan fisik yang lebih baik untuk pasien HD dua kali seminggu. Metode: Penelitian uji klinis terbuka terhadap pasien HD rutin RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta berusia lebih dari 18 tahun dan menjalani HD minimal 3 bulan. Subjek dikelompokkan secara acak menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok kontrol, latihan aerobik, dan latihan kombinasi aerobik dan resistensi. Latihan fisik intradialitik dilakukan selama 12 minggu. Luaran yang dinilai adalah massa otot, kekuatan otot, performa fisik, hsCRP, skor malnutrisi inflamasi dan indeks kualitas hidup. Analisis data menggunakan uji T tidak berpasangan untuk data yang terdistribusi normal dan Mann-Whitney untuk data terdistribusi tidak normal. Hasil: Randomisasi dilakukan terhadap 123 pasien yang memenuhi kriteria. Sebesar 55% laki-laki dengan rerata durasi HD 48 (4-240) bulan. Rerata IMT lakilaki 22.53 (SB 4.43) kg/m 2 dan perempuan 24.34 (SB 4.91) kg/m 2 . Status nutrisi 63.4% subjek kategori baik dengan 56.9% termasuk kategori inaktif. Terdapat peningkatan signifikan (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Vidhia umami - Nama Orang
Suhardjono - Nama Orang
Siti Setiati - Nama Orang
Deddy Tedjasukmana - Nama Orang

No. Panggil
T18179fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvii, 121 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18179fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18179fkT18179fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Latihan Fisik Intradialitik Terhadap Kapasitas Fisik, Inflamasi, dan Status Nutrisi Pasien Hemodialisis Dua Kali Seminggu  = The Role of Intradialytic Exercise in Physical Capacity, Inflammation, and Nutritional Status of Twice-a-Week Dialysis Patients.

Related Collection