Tesis

Peran Imunohistokimia FLI1 Sebagai Pendukung Diagnosis Sarkoma Ewing pada Small Round Cell Tumor dengan Penanda CD99 Positif = Role of FLI1 Immunohistochemistry as a Support for Diagnosis of Ewing's Sarcoma in Small Round Cell Tumors with Positive CD99 Markers.

Latar belakang: Sarkoma Ewing merupakan suatu small round cell tumor yang ditandai dengan fusi gen EWSR1/FLI1 pada 85% kasus. Diagnosis akurat diperlukan karena memiliki respon baik terhadap protokol kemoterapi spesifik. Baku emas diagnosis sarkoma Ewing adalah deteksi translokasi spesifik dengan RT-PCR atau FISH, namun pemeriksaan tersebut belum tersedia di institusi kami, sehingga dilakukan upaya lain untuk mempertajam diagnosis. Secara morfologi, sarkoma Ewing sering overlapping dengan small round cell tumor lainnya. Pulasan CD99 merupakan penanda yang sangat sensitif untuk mendiagnosis sarkoma Ewing, namun juga sering overlapping dengan small round cell tumor lainnya. Beberapa penelitian mengemukakan FLI1 dapat digunakan sebagai penanda diagnosis sarkoma Ewing. Tujuan penelitian ini adalah menilai ekspresi FLI1 untuk membantu menegakkan diagnosis sarkoma Ewing pada small round cell tumor yang memberikan hasil positif terhadap CD99, terutama pada kasus biopsi. Bahan dan cara: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang. Sampel terdiri atas 36 kasus sarkoma Ewing dan 18 kasus small round cell tumor yang sudah dilakukan pulasan imunohistokimia CD99 di RSCM dari Januari 2011 sampai Mei 2018. Dilakukan pulasan FLI1 dan penilaian menggunakan H-score. Hasil: Titik potong H-score pada ekspresi FLI1 didapatkan 226.1 (75%) dengan sensitivitas 81.6% dan spesifisitas 94.4%. Ekspresi FLI1 tinggi didapatkan pada 31 kasus sarkoma Ewing, sedangkan pada 18 kasus small round cell tumor umumnya memiliki ekspresi FLI1 yang rendah (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Jessie Theresia Caroline - Nama Orang
Nurjati Chairani Siregar - Nama Orang
Puspita Eka Wuyung - Nama Orang

No. Panggil
T18118fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18118fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18118fkT18118fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Peran Imunohistokimia FLI1 Sebagai Pendukung Diagnosis Sarkoma Ewing pada Small Round Cell Tumor dengan Penanda CD99 Positif = Role of FLI1 Immunohistochemistry as a Support for Diagnosis of Ewing's Sarcoma in Small Round Cell Tumors with Positive CD99 Markers.

Related Collection