Text

Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Daun Ciplukan (physsalis Angulata L.) Beradasarkan Aktivitas Katalase dan Kadar Malondialdehid pada Sel Darah Merah Domba

Pendahuluan: Ciplukan (Physalis angulate L.) adalah salah satu tanaman obat tradisional yang termasuk suku Solanaceae. Tanaman ini secara tradisional telah digunakan untuk mengobati penyakit diabetes melitus, penyakit paru, ayan, borok, gusi berdarah, bisul, dan mulas.
Tujuan: Penelitian dilakukan untuk membuktikan aktivitas antioksidan ekstrak etanol daun ciplukan dengan mengukur aktivitas katalase dan kadar malondialdehid (MDA) pada pemberian ekstrak etanol daun ciplukan ke dalam sel darah merah domba (SDMD).
Metode: Studi ekperimental in vitro pemberian ektrak etanol daun ciplukan pada sel darah merah domba. Penelitian menggunakan SDMD yang dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari enam tabung. K1 adalah kelompok negatif yang diberi perlakuan 1 mL SDMD ditambah dengan 1 ml tertier-Butil hidroperoksida (t-BHP) dan 1 mL akuades. K2, K3 dan K4 adalah kelompok yang diberi perlakuan 1 mL SDMD ditambah dengan 1 mL t-BHP, dan daun ciplukan berturut-turut dengan dosis 3 mg/mL, 6 mg/mL, dan 12 mg/mL. K5 adalah kelompok normal tanpa perlakuan yaitu, 1 mL SDMD ditambah 2 mL akuades. Analisis statistik uji Anova dilanjutkan dengan Tukey.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas katalase secara bermakna antara K1 dengan K3, K4, dan K5 (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2007
Pengarang

Ninik Mudjihartini - Nama Orang

No. Panggil
A17025FK
Penerbit
Jakarta : Departemen Biokimia dan Biologi Mulekular.,
Deskripsi Fisik
File digital
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
A17025FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Artikel
A17025FKA17025FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Daun Ciplukan (physsalis Angulata L.) Beradasarkan Aktivitas Katalase dan Kadar Malondialdehid pada Sel Darah Merah Domba

Related Collection