Tesis

Hubungan Pola Luka Dengan Usia dan Keadaan Korban Pada Kasus Pejalan Kaki Yang Ditabrak Kendaraan Bermotor Roda Dua di Jakarta = The Relationship Between Injury Pattern with the Age and State of Pedestrians Hit by Two-Wheeled Motor Vehicles in Jakarta.

Latar Belakang: Data dari WHO pada tahun 2010 diperkirakan kematian pejalan kaki akibat kecelakaan lalu lintas di jalan secara global mencapai angka 273.000 jiwa, setara dengan 22 % dari seluruh total kematian akibat kecelakaan lalu lintas di jalan. Jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta khususnya roda dua mengalami peningkatan yang cukup tinggi yaitu sebesar 10,54 persen pertahunnya. Tetapi peningkatan jumlah kendaraan tidak diimbangi dengan peningkatan luas jalan, serta kurang adanya sarana bagi pejalan kaki. Berdasarkan data dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta periode Januari 2013 hingga Desember 2015, didapatkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas dengan surat permintaan visum et repertum sebanyak 254 orang yang hidup dan sebanyak 707 korban yang meninggal. Tujuan: Mengetahui hubungan antara pola luka dengan usia dan keadaan korban pada kasus pejalan kaki yang ditabrak kendaraan bermotor roda dua di Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi potong lintang (cross sectional) pada korban pejalan kaki yang ditabrak oleh kendaraan bermotor roda dua di wilayah kerja Satuan Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya yang diperiksa di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Penelitian ini dimulai 01 September 2016 hingga 31 Desember 2016, dengan menggunakan sumber data sekunder yang didapat dari rekam medis dan laporan abduksi yang disertai dengan surat permintaan visum, terhitung dari bulan Januari 2013 hingga Desember 2015. Data diuji menggunakan uji Chi-square dan hasil dinyatakan bermakna apabila nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Boge Priyo Nugroho - Nama Orang
Herkutanto - Nama Orang
Yuli Budiningsih - Nama Orang
Ade Firmansyah S. - Nama Orang

No. Panggil
T17089fk
Penerbit
Jakarta : Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal.,
Deskripsi Fisik
xiv, 84 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17089FKT17089fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Pola Luka Dengan Usia dan Keadaan Korban Pada Kasus Pejalan Kaki Yang Ditabrak Kendaraan Bermotor Roda Dua di Jakarta = The Relationship Between Injury Pattern with the Age and State of Pedestrians Hit by Two-Wheeled Motor Vehicles in Jakarta.

Related Collection