Text

Ketebalan Lapisan Serabut Saraf Retina Dan Sel Gang Lion Di Pasien Dengan Sudut Primer Tertutup, dan Glaukoma Primer Sudut Tertutup.

ABSTRAK

Tujuan: Menilai perbedaan ketebalan sel ganglion makula antara pasien Primary Angle Closure Suspect (PACS), Primary Angle Closure (PAC), dan Primary Angle Closure Glaucoma (PACG)
Metode: Penelitian ini berupa penelitian retrospektif pada data pasien kelompok sudut tertutup primer: PACS, PAC, dan PACG. Semua pasien yang di periksa keadaan lapisan serabut saraf retina dan sel ganglion lapisan dalam plefikform dengan alat Ocular Coherence Tomografi (OCT) HD 5000 masuk kedalam kriteria. Dilakukan perhitungan statistic untuk membedakan tebalnya lapisan serabut saraf retina dan sel ganglion lapis dalam fleksiform antara kelompok PAC dan PACG.
Hasil: Terdapat 70 pasien yang masuk kedalam penelitian ini yang terdiri dari PACS 25 mata, PAC 15 mata dan PACG sebanyak 38 mata dengan wanita sebanyak 75%. Tebal median lapisan serabur saraf retina di bagian superior pada PACS, PAC, dan PACG adalah 120,1 μm, 119,4 μm, dan 98,44 μm yang berbeda bermakna antara kelompok PAC dan PACG (p=

Judul Seri
-
Tahun Terbit
-
Pengarang

Widya Artini - Nama Orang
Tjahjono D. Gondowiardjo - Nama Orang

No. Panggil
A17006FK
Penerbit
Jakarta : Departemen Ilmu Kesehatan Mata - FKUI.,
Deskripsi Fisik
File digital
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
A17006FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Artikel
A17006FKA17006FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Ketebalan Lapisan Serabut Saraf Retina Dan Sel Gang Lion Di Pasien Dengan  Sudut Primer Tertutup, dan Glaukoma Primer Sudut Tertutup.

Related Collection