Skripsi

Infeksi Trichomonas vaginalis dengan Kondiloma pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Daerah Indramayu, Jawa Barat = Infection of Trichomonas Vaginalis and Condyloma Among Commercial Sex Workers (CSWs) in Indramayu Area, West Java.

Infeksi Trichomonas vaginalis merupakan salah penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh T. vaginalis. Parasit ini menyebabkan mikrotrauma pada saluran kelamin perempuan. Hal ini membuat koinfeksi dengan mikroba lainnya dapat terjadi sehingga bisa menyebabkan kondiloma yang umumnya terdapat pada Human Papillomavirus (HPV). Penelitian ini dilakukan di Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang datanya berasal dari Indramayu, Jawa Barat. Metode penelitian ini adalah cross sectional pada 214 Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan menganalisis perbedaan proporsi kondiloma antara kelompok T. vaginalis positif dan negatif serta mengetahui faktor yang berhubungan. Berdasarkan analisis chi square menunjukkan perbedaan proporsi infeksi kondiloma yang tidak bermakna (p=0,356;p>0,05). Jenis kontrasepsi, asal daerah, dan tingkat pendidikan memiliki hubungan bermakna denga koinfeksi tetapi tidak memiliki hubungan bermakna pada faktor status perkawinan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan yang bermakna antara koinfeksi T. vaginalis dan kondiloma pada PSK di Daerah Indramayu, Jawa Barat dan faktor yang memiliki hubungan bermakna adalah jenis kontrasepsi, asal daerah, dan tingkat pendidikan.
Kata kunci: Trichomonas vaginalis, kondiloma, koinfeksi, pekerja seks komersial, indramayu


Trichomonas vaginalis infections is a disease Sexually Transmitted Infections (STI) caused by T. vaginalis. This parasite causes mikrotrauma in the female genital tract. This makes co-infection with other microbes may occur that could cause condyloma are generally present in the Human papillomavirus (HPV). This research was held in the Department of Parasitology, Faculty of Medicine, University of Indonesia whose data comes from Indramayu, West Java. This research method is cross sectional at 214 Commercial Sex Workers (CSWs) with analyze proportion differences of condyloma between group T. vaginalis positive and negative; and to identify factors associated to the co-infection. Based on the analysis of chi square is known revealed a significant association between T. vaginalis and condyloma (p = 0.356;p>0,05). Type contraception, national origin, and level of education have a significant relationship premises coinfection but do not have a significant relationship to the marital status factor. The conclusion from this study is there is no significant association between co-infection with T. vaginalis and condyloma at the CSW in the Region Indramayu, West Java and the factors that have a significant relationship was kind of contraception, region of origin, and education level.
Keywords: condyloma, Trichomonas vaginalis, co-infection, commercial sex workers, indramayu

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Hermawan Pramudya - Nama Orang
Widiastuti - Nama Orang

No. Panggil
S16145FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 60 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16145FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16145FKS16145FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Infeksi Trichomonas vaginalis dengan Kondiloma pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Daerah Indramayu, Jawa Barat =  Infection of Trichomonas Vaginalis and Condyloma Among Commercial Sex Workers (CSWs) in Indramayu Area, West Java.

Related Collection