Skripsi

Pengaruh Pemberian Ekstrak Bekatul Varietas IPB-3S terhadap Kadar Malondialdehid Ginjal Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida = Effect of IPB-3S Rice bran on Malondialdehyde level in Carbon Tetrachloride induced Rat Kidneys.

Ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif. Stres oksidatif menyebabkan kerusakan jaringan salah satunya pada ginjal. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan antioksidan yang cukup dengan cara mengonsumsi makanan kaya antioksidan. Salah satu makanan yang berpotensi memiliki kandungan antioksidan adalah bekatul. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh pemberian bekatul varietas IPB-3S terhadap kadar malondialdehid (MDA) pada ginjal tikus yang diinduksi karbon tetraklorida (CCl4 ). Penelitian ini menggunakan desain eksperimental dengan sampel 24 tikus jantan galur Sprague Dawley. Sampel dibagi menjadi enam kelompok yaitu kelompok kontrol (K1) tanpa perlakuan, kelompok kontrol negatif (K2) diberikan CCl4 0,55 mg/kgBB, kelompok P1 dan P3 diberikan bekatul IPB-3S dengan dosis 150 mg/kgBB, serta kelompok P2 dan P4 diberikan bekatul IPB-3S dengan dosis 300 mg/kgBB. Kelompok P3 dan P4 juga diberikan CCl4 0,55 mg/kgBB. Setiap kelompok dilakukan pengukuran MDA dengan metode Thiobarbituric Acid Reacting Substances (TBARS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian CCl4 dapat meningkatkan kadar MDA ginjal dibandingkan dengan kelompok kontrol (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Rizqi Nanda Pribawa - Nama Orang
Dwirini Retno Gunarti - Nama Orang

No. Panggil
S16144FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiv, 34 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16144FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16144FKS16144FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengaruh Pemberian Ekstrak Bekatul Varietas IPB-3S terhadap Kadar Malondialdehid Ginjal Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida = Effect of IPB-3S Rice bran on Malondialdehyde level in Carbon Tetrachloride induced Rat Kidneys.

Related Collection