Skripsi

Efek Antioksidan Ekstrak Bekatul Oryza sativa Varietas IPB-3S terhadap Kadar Malondialdehida (MDA) Otak Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida (CCl 4 ) = The Antioxidant Effects of Oryza sativa Variety IPB-3S (Rice) Bran Extract towards Malondialdehyde (MDA) Levels in Rat Brain Induced by Carbon Tetrachloride (CCl 4 ).

Prevalensi penyakit degeneratif di dunia, termasuk di Indonesia, semakin meningkat tiap tahunnya. Salah satu faktor yang sangat berhubungan dengan penyakit degeneratif adalah peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas merupakan hasil metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel, salah satu indikatornya adalah kadar malondialdehida (MDA). Di samping itu, otak merupakan salah satu organ yang rentan terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas, karena kadar antioksidan endogen di otak relatif rendah. Konsumsi makanan tinggi antioksidan sangat dianjurkan, salah satunya adalah bekatul Oryza sativa varietas IPB-3S. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian ekstrak bekatul terhadap kadar MDA otak tikus yang diinduksi CCl4. Penelitian ini menggunakan sampel otak 24 ekor tikus jantan galur Sprague-dawley yang berusia 6 – 8 minggu dengan BB + 150 – 300 gram yang dibagi dalam 6 kelompok perlakuan, antara lain kontrol normal (K.1), kontrol negatif yang diinduksi CCl4 (K.2), ekstrak bekatul 150 mg/kgBB (P.1), ekstrak bekatul 150 mg/kgBB + CCl4 (P.2), ekstrak bekatul 300 mg/kgBB (P.3), dan ekstrak bekatul 300 mg/kgBB + CCl4 (P.4). Setelah perlakuan, kadar MDA jaringan otak sampel diukur dengan metode Wills dan dibandingkan antar kelompok perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bekatul 150 mg/kgBB dan 300 mg/kgBB, menurunkan kadar MDA secara signifikan dibandingkan kelompok kontrol normal maupun kontrol negatif (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2016
Pengarang

Yoga Dwi Oktavianda - Nama Orang
Dwirini Retno Gunarti - Nama Orang

No. Panggil
S16139FK
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xviii, 47 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S16139FK
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S16139FKS16139FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efek Antioksidan Ekstrak Bekatul Oryza sativa Varietas IPB-3S terhadap Kadar Malondialdehida (MDA) Otak Tikus yang Diinduksi Karbon Tetraklorida (CCl 4 ) = The Antioxidant Effects of Oryza sativa Variety IPB-3S (Rice) Bran Extract towards Malondialdehyde (MDA) Levels in Rat Brain Induced by Carbon Tetrachloride (CCl 4 ).

Related Collection