Tesis

Nilai Strong Ion Difference Berdasarkan Selisih Ion Natrium dan Klorida Pada Pasien Infeksi Dengue Dewasa Dengan dan tanpa Kebocoran Plasma = Strong Ion Difference Based On Sodium-Chloride Difference on Adult Dengue-Infected Patients With and Without Plasma Leakage.

Latar Belakang : Kebocoran plasma merupakan proses utama yang terjadi pada demam berdarah dengue (DBD) dimana mulai terjadi pada hari ke-3 demam dan mencapai puncaknya pada hari ke-5 demam. Kebocoran plasma menyebabkan hipoksia jaringan yang berakibat asidosis. Variabel yang terkait dengan mikrosirkulasi perfusi jaringan yaitu parameter asam-basa. Menurut Stewart, abnormalitas asam-basa metabolik ditentukan dengan menghitung Strong Ion Difference (SID). Hingga saat ini belum diketahui nilai SID pada infeksi dengue dewasa dengan kebocoran plasma. Tujuan Penelitian : Mengetahui peran nilai SID untuk memprediksi dan mendiagnosis kebocoran plasma pada infeksi dengue pasien dewasa. Metode : Studi potong lintang dan kohort retrospektif, pada infeksi virus dengue pasien dewasa yang dirawat di ruang penyakit dalam RSUPN Cipto Mangunkusumo dan RSUP Persahabatan Jakarta. Dilakukan pemeriksaan nilai SID untuk melihat perbedaan rerata nilai SID antara demam dengue (DD) dan DBD dengan uji t tidak berpasangan, dan nilai titik potong SID pada keadaan dengan atau tanpa kebocoran plasma dilakukan dengan menentukan sensitivitas dan spesifisitas terbaik dari kurva ROC. Hasil : Jumlah subjek sebanyak 57 orang. Jenis kelamin laki-laki sebanyak 31 pasien (54,38%) dan perempuan 26 pasien (45,61%). Kasus DD 31 pasien (54,38%) dan kasus DBD 26 pasien. Nilai SID hari ke-3 pada DBD secara bermakna lebih rendah dibandingkan DD [36,577 (±2,08) dan 39,032 (±1,44); p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Edwin Leopold Jim - Nama Orang
Leonard Nainggolan - Nama Orang
Suhendro - Nama Orang
Cleopas Martin Rumende - Nama Orang

No. Panggil
T 15 422 FK
Penerbit
Jakarta : PPDS Sp-2 Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xiv, 36 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15422FKT15422FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Nilai Strong Ion Difference Berdasarkan Selisih Ion Natrium dan Klorida Pada Pasien Infeksi Dengue Dewasa Dengan dan tanpa Kebocoran Plasma = Strong Ion Difference Based On Sodium-Chloride Difference on Adult Dengue-Infected Patients With and Without Plasma Leakage.

Related Collection