Tesis

Analisis aktivitas spesifik Na+ ,K+-ATPase dan Ca-ATPase serta ekspresi Na+,K+-ATPase isoform α4 dan Plasma Membrane Ca2+-ATPase 4 spermatozoa pada laki-laki infertil oligoastenoteratozoospermia and nekrozoospermia = Analysis specific activity of Na ix + ,K + -ATPase and Ca -ATPase and expression of Na + ,K + -ATPase isoforms α4 and Plasma Membrane Ca 2+ -ATPase 4 spermatozoa in male infertility oligoastenoteratozoospermia and nekrozoospermi.

LATAR BELAKANG: Infertilitas laki-laki salah satunya diakibatkan ketidakseimbangan transpor ion pada spermatozoa, yang dapat menyebabkan gangguan motilitas spermatozoa. Keseimbangan transpor ion untuk memelihara homeostasis spermatozoa yang dimediasi oleh ATPase, diantaranya adalah Na , K + -ATPase dan Ca 2+ -ATPase. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas spesifik Na + , K + -ATPase dan Ca 2+ -ATPase menurun pada kelompok astenozoospermia. Akan tetapi belum diketahui bagaimana aktivitas spesifik Na K + -ATPase dan Ca 2+ 2+ -ATPase pada kelompok infertilitas lain, yaitu oligoastenoteratozoospermia (OAT) dan nekrozoospermia. Oleh karena itu, pada penelitian ini diteliti aktivitas spesifik Na + , K + -ATPase dan Ca 2+ -ATPase beserta ekspresi protein Na + , K + -ATPase isoform α4 dan PMCA4 pada kelompok OAT dan nekrozoospermia. METODE: Pada sampel dilakukan analisis semen, isolasi sel, protein dan fraksi membran. Analisis semen dilakukan secara mikroskopik dengan makler, disertai uji HOS dan viabilitas. Aktivitas enzim diukur berdasarkan kemampuan ATPase melepaskan fosfat organik dari ATP dan ditetapkan sebagai aktivitas spesifik. Ekspresi protein Na + , K + -ATPase isoform α4 dan PMCA4 dilakukan dengan teksnik western blot, sedangkan distribusi proteinnya digunakan teknik imunositokimia. HASIL: Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa hampir pada seluruh parameter baik motilitas, viabilitas, integritas membran, aktivitas Na + ,K + -ATPase dan Ca ATPase, serta ekspresi protein Na + ,K + -ATPase Isoform α4 dan PMCA4 pada kelompok OAT dan nekrozoospermia cenderung lebih rendah dibandingkan dengan normozoospermia. Penurunan ekspresi PMCA4 pada kelompok OAT dan nekrozoospermia berbeda bermakna (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2015
Pengarang

Dessy Noor Miati - Nama Orang
ASMARINAH - Nama Orang
Silvia Werdhy Lestari - Nama Orang

No. Panggil
T 15 344 FK
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xviii, 78 hlm.; 20 x 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T15344FKT15344FKPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis aktivitas spesifik Na+ ,K+-ATPase dan Ca-ATPase serta ekspresi Na+,K+-ATPase isoform α4 dan Plasma Membrane Ca2+-ATPase 4 spermatozoa pada laki-laki infertil oligoastenoteratozoospermia and nekrozoospermia = Analysis specific activity of Na ix + ,K + -ATPase and Ca -ATPase and expression of Na + ,K + -ATPase isoforms α4 and Plasma Membrane Ca 2+ -ATPase 4 spermatozoa in male infertility oligoastenoteratozoospermia and nekrozoospermi.

Related Collection