Tesis

Perbedaan Kadar C-Reactive Protein pada Demam Akut Karena Infeksi Dengue dengan Demam Tifoid = Differences in the Levels of C-Reactive Protein in the Acute Febrile cause of Dengue Infection or Typhoid Fever.

Latar Belakang: Infeksi dengue dan demam tifoid merupakan penyakit endemik di Indonesia. Namun pada awal awitan demam terdapat kesulitan dalam membedakan keduanya. Oleh karena itu dibutuhkan modalitas pemeriksaan penunjang yang sederhana untuk membantu diagnosis infeksi dengue dan demam tifoid. C-Reactive Protein (CRP) merupakan alat bantu diagnostik yang terjangkau, cepat dan murah untuk diagnosis penyebab demam akut. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kadar CRP pada demam akut karena infeksi dengue dengan demam tifoid. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang pada pasien demam akut dengan diagnosis demam dengue/demam berdarah dengue atau demam tifoid yang dirawat di IGD atau ruang rawat RSCM, RS Pluit dan RS Metropolitan Medical Center Jakarta dalam kurun waktu Januari 2010 sampai dengan Desember 2013. Kadar CRP yg diteliti adalah CRP yang diperiksa 2-5 hari setelah awitan demam. Data penyerta yang dikumpulkan adalah data demografis, data klinis, pemberian antibiotik selama perawatan, leukosit, trombosit, netrofil, LED dan lama perawatan. Hasil: Sebanyak 188 subjek diikutsertakan pada penelitian ini, terdiri dari 102 pasien dengue dan 86 pasien demam tifoid. Didapatkan median (RIK) CRP pada infeksi dengue adalah 11,65 (16) mg/L dan pada demam tifoid adalah 53 (75) mg/L. Terdapat perbedaan median CRP yang bermakna antara infeksi dengue dan demam tifoid (p 45,91 mg/L merupakan diagnostik CRP untuk demam tifoid, kadar CRP 45.91 mg/L was diagnostic for typhoid fever, CRP level

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

Adeputri Tanesha Idhayu - Nama Orang
KHIE CHEN - Nama Orang
Suhendro - Nama Orang
Murdani Abdullah - Nama Orang

No. Panggil
T14314fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xvi, 65 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14314fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14314fkT14314fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Kadar C-Reactive Protein pada Demam Akut Karena Infeksi Dengue dengan Demam Tifoid = Differences in the Levels of C-Reactive Protein in the Acute  Febrile cause of Dengue Infection or Typhoid Fever.

Related Collection