Tesis

Penambahan prolaktin untuk menginduksi fosforilasi AKT/Protein Kinase B pada spermatozoa dari pasien infertil astenozoospermia = Prolactin treatment on spermatozoa of asthenozoospermia to induce AKT/Protein Kinase B phosphorylation.

LATAR BELAKANG: Regulasi fungsi spermatozoa bergantung pada modifikasi paska translasi yang dapat diaktivasi melalui serangkaian tranduksi sinyal. Berbagai hormon telah diketahui mengatur aktivasi serangkaian transduksi sinyal dalam spermatozoa matang. Pemberian prolaktin pada spermatozoa normal telah diketahui dapat berperan sebagai faktor ketahanan hidup melalui aktivasi jalur transduksi sinyal PI3K/AKT – anti apoptosis, sehingga spermatozoa dapat mempertahankan motilitas dan viabilitas. Namun efek pemberian prolaktin terhadap kondisi spermatozoa lainnya seperti astenozoospermia (motilitas rendah dan marker apoptotik tinggi) masih belum diketahui. Inkubasi in vitro pada spermatozoa pasien infertil sebelum dilakukannya fertilisasi berbantuan dapat menyebabkan penurunan viabilitas dan motilitas sperma akibat proses apoptosis. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian prolaktin terhadap fosforilasi AKT dari spermatozoa pasien infertil astenozoospermia BAHAN DAN CARA KERJA: Sampel penelitian ini berjumlah 30 pasien yang dibagi dalam kelompok perlakuan dengan prolaktin dan tanpa prolaktin (Kontrol). Status astenozoospermia, data motilitas sebelum dan sesudah perlakuan didapatkan dari analisis data CASA oleh staff laboratorium androlog Klinik IVF Yasmin, RSCM Kencana Jakarta. Analisis ekspresi protein, fosforilasi dan apoptosis dilakukan dengan teknik imunositokimia dan western blot kemudian dilanjutkan dengan analisis densitometri dengan Image J. HASIL : Berdasarkan hasil uji anova one way dan t test independent, terdapat peningkatan motilitas yang bermakna antara kelompok sebelum inkubasi dan sesudah inkubasi dengan prolaktin serta antara kelompok inkubasi dengan prolaktin dan tanpa prolaktin (kontrol) (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2014
Pengarang

ANDHYNI ERIEL TOMBE - Nama Orang
ASMARINAH - Nama Orang
Dwi Ari Pujianto - Nama Orang

No. Panggil
T14201fk
Penerbit
Jakarta : Program Megister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
30 cm ; 65
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T14201fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T14201fkT14201fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Penambahan prolaktin untuk menginduksi fosforilasi AKT/Protein Kinase B pada spermatozoa dari pasien infertil astenozoospermia = Prolactin treatment on spermatozoa of asthenozoospermia to induce AKT/Protein Kinase B phosphorylation.

Related Collection