Tesis

Studi Pengamatan Jangka Panjang Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa pada Bayi yang Lahir dari Ibu dengan Gejala Depresi Antenatal = The influence of maternal antenatal depression towards infants Cognitive And Language Development: A 6 month longitudinal study.

Latar Belakang: Gangguan kesehatan jiwa pada anak dan remaja dapat berdampak negatif pada perkembangan anak. Kesehatan mental pada bayi, sebagai masa awal kehidupan, sangat penting karena masa ini merupakan periode kritis untuk perkembangan otak dan perilaku. Salah satu yang dapat mempengaruhi perkembangan tersebut adalah depresi antenatal, namun penelitian mengenai topik ini di Indonesia masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dampak dari gejala depresi antenatal terhadap perkembangan kognitif dan bahasa pada bayi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi kohort prospektif yang mengobservasi perkembangan kognitif dan bahasa bayi yang lahir dari ibu dengan gejala depresi antenatal. Data dikumpulkan dari ibu hamil dengan gejala depresi antenatal yang diskrining menggunakan instrumen Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS), dan perkembangan bayi dipantau selama enam bulan pada tiga waktu pemantauan, yaitu 1 bulan, 3 bulan, dan 6 bulan setelah kelahiran menggunakan instrumen Capute Scales. Penelitian dilakukan di puskesmas wilayah Jakarta. Hasil: Pemantauan dilakukan pada 13 bayi yang lahir dari ibu dengan gejala depresi antenatal. Hasil pengukuran menunjukkan kecenderungan penurunan pada rerata skor Cognitive Adaptive Test (CAT), Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale (CLAMS), dan Frequently Seen Developmental Questionnaire (FSDQ). Analisis repeated measures menunjukkan penurunan tersebut signifikan pada rerata skor CLAMS (p=0,006). Perbandingan antar waktu pengukuran juga menunjukkan adanya beda rerata yang signifikan antara bulan ke-1 dan bulan ke-6 pada skor CLAMS (p=0,011). Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa depresi antenatal pada ibu dapat berdampak pada perkembangan kognitif dan bahasa bayi dalam 6 bulan pertama kehidupan, terutama pada perkembangan bahasa. Temuan ini menekankan pentingnya deteksi dini dan intervensi pada ibu hamil dengan gejala depresi untuk mencegah dampak negatif pada perkembangan otak bayi. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk pengembangan program kesehatan mental perinatal dan bayi di Indonesia.
Kata kunci : Depresi antenatal, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, kesehatan mental perinatal, EPDS, Capute Scales


Background: Mental health disorders in children and adolescents could negatively impact their development. Infant mental health is crucial as it represents a critical period for brain and behavioral development. One factor that can influence this development is antenatal depression, yet research on this topic in Indonesia is still limited. This study aims to observe the impact of antenatal depressive symptoms on the cognitive and language development of infants. Methods: This study employed a prospective cohort design to observe the cognitive and language development of infants born to mothers with antenatal depressive symptoms. Data were collected from pregnant mothers screened for antenatal depressive symptoms using the Edinburgh Postnatal Depression Scale (EPDS). Infant development was monitored over six months at three time points: 1 month, 3 months, and 6 months after birth using the Capute Scales. The study was conducted at community health centers in Jakarta. Results: The study monitored 13 infants born to mothers with antenatal depressive symptoms. The results indicated a decreasing trend in the mean scores of the Cognitive Adaptive Test (CAT), Clinical Linguistic and Auditory Milestone Scale (CLAMS), and Frequently Seen Developmental Questionnaire (FSDQ). Repeated measures analysis showed a significant decrease in the mean CLAMS score (p=0,006). Comparison between measurement times also showed a significant difference in mean CLAMS scores between the 1st and 6th month (p=0,011). Conclusion: This study indicates that antenatal depression in mothers can impact the cognitive and language development of infants within the first six months of life, particularly in language development. These findings highlight the importance of early detection and intervention for pregnant mothers with depressive symptoms to prevent negative impacts on infant brain development. The results of this study are also expected to contribute to the development of perinatal and infant mental health programs in Indonesia.
Keywords: Antenatal depression, cognitive development, language development, perinatal mental health, EPDS, Capute Scales

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2024
Pengarang

Kusuma Minayati - Nama Orang
R. Irawati Ismail - Nama Orang
Tjhin Wiguna - Nama Orang
Fransiska M. Kaligis - Nama Orang

No. Panggil
T24354fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xiii, 74 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T24354fkT24354fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Studi Pengamatan Jangka Panjang Terhadap Perkembangan Kognitif dan Bahasa pada Bayi yang Lahir dari Ibu dengan Gejala Depresi Antenatal = The influence of maternal antenatal depression towards infants Cognitive And Language Development: A 6 month longitudinal study.

Related Collection