Tesis

Akurasi Immunoscore dan Rasio Netrofil Limfosit Dalam Prediksi Kekambuhan 5 Tahun Pada Pasien Kanker Kolorektal Stadium I-III = The accuracy of Immunoscore and Neutrophil Lymphocyte Ratio in Predicting 5 years recurrence of stage I-III colorectal cancer.

Latar belakang: Pascapembedahan dan tatalaksana adjuvan kanker kolorektal (KKR), sekitar 30-50% pasien mengalami kekambuhan. Pemeriksaan berbasis imun, seperti Immunoscore (IS) dan Neutrophil-Lymphocyte Ratio (NLR) bersifat independen dalam prediksi kekambuhan dan kesintasan pasien. NLR memiliki keunggulan seperti murah, sederhana, dan mampu laksana bila dibandingkan pemeriksaan IS. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengukur akurasi keduanya dalam prediksi kekambuhan kasus KKR. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang (cross sectional) dan dilakukan di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk dan MRCCC (Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre) pada rentang waktu Juli-Desember 2023 menggunakan data sekunder rekam medis pasien kanker kolorektal stadium I-III, hasil NLR dan IS, dan luaran pasien. Analisis statistik berupa analisis deskriptif, akurasi tes, dan uji hipotesis (bivariat) memakai perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25. Penentuan cut-offnilai NLR menggunakan kurva ROC. Perbandingan nilai tes NLR dan IS dalam memprediksi kekambuhan menggunakan perbandingan ROC area (AUC). Pengukuran kesepakatan/kesesuaian 2 alat tes (NLR, IS) dalam membedakan kambuh dan tidak kambuh menggunakan statistik Kappa. Hasil: Dari 80 pasien kanker kolorektal, terdapat 26 pasien yang mengalami kekambuhan (32,5%) dengan waktu kekambuhan paling banyak yaitu 2 tahun pertama (53%) dan terdapat 54 pasien yang tidak mengalami kekambuhan (67,5%). NLR (cut-off 6,6) memiliki sensitivitas (46,2%), spesifisitas (81,5%), dan nilai akurasi diagnostik NLR 70%. Hasil Chi square menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara NLR dengan kejadian kekambuhan (p-value = 0,020). IS memiliki sensitivitas (7,7%), spesifisitas (96,3%), dan nilai akurasi diagnostik IS 67,5%. Hasil Fisher Exact menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara IS dengan kejadian kekambuhan (p-value = 0,592). Nilai AUC IS dan NLR dengan p-value sebesar 0,064 artinya kemampuan/akurasi antara tes NLR dan IS untuk mendeteksi kekambuhan pada pasien KKR tidak berbeda/sama. Hasil statistik Kappa didapatkan nilai 1.000 (p-value =

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2024
Pengarang

Yusak Kristianto - Nama Orang
Wifanto Saditya Jeo - Nama Orang

No. Panggil
T24302fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Bedah Digestif.,
Deskripsi Fisik
xv, 40 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T24302fkT24302fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Akurasi Immunoscore dan Rasio Netrofil Limfosit Dalam Prediksi Kekambuhan 5 Tahun Pada Pasien Kanker Kolorektal Stadium I-III = The accuracy of Immunoscore and Neutrophil Lymphocyte Ratio in Predicting 5 years recurrence of stage I-III colorectal cancer.

Related Collection