Tesis

Korelasi Profil Antropometri terhadap Luas Penampang Visceral Adipose Tissue dengan Teknik Single Slice CT-Scan pada Perempuan Dewasa usia 18-50 tahun = Correlation between Anthropometric Profile and Visceral Adipose Tissue Area using Single Slice CT-scan Technique in Adult Women age 18-50 Years.

Latar Belakang: Obesitas merupakan pandemi yang prevalensinya semakin meningkat termasuk di Indonesia, yang komplikasinya dapat diccegah dengan penatalaksanaan dini. Obesitas sentral ditemukan pada penelitian sebelumnya dengan nilai luas penampang VAT ≥ 100 cm2. Saat ini di Indonesia belum ada yang meneliti mengenai luas penampang lemak viseral pada populasi perempuan usia 18-50 tahun untuk mengetahui komposisi lemak tubuh. Tujuan: Mengetahui korelasi antara parameter antropometri dengan luas penampang lemak viseral (VAT) pada perempuan berusia 18-50 tahun. Metode: Dilakukan studi cross sectional pada subjek yang CT-scan regio abdomen di departemen radiologi RSCM dan kemudian dilakukan pengukuran parameter antropometri yang mencakup lingkar pinggang (WC), rasio lingkar pinggang-tinggi badan (WtHR), dan indeks massa tubuh (IMT). Analisis korelasi, analisis bivariat dan multivariat dilakukan pada paremeter antropometri tersebut untuk mendapatkan formula yang dapat memprediksi komposisi lemak viseral tubuh. Hasil: Ditemukan 51,9% subjek memiliki status gizi overweight dan obesitas, dan ditemukan 28,8% subjek memiliki luas penampang VAT ≥ 100 cm2. WC, WtHR, dan IMT memiliki korelasi positif kuat terhadap nilai luas penampang VAT dengan nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2024
Pengarang

Yohanes Triatmanto - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang
Dicky L. Tahapary - Nama Orang
Sahat BRE Matondang - Nama Orang

No. Panggil
T24214fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xv, 58 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T24214fkT24214fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Profil Antropometri terhadap Luas Penampang Visceral Adipose Tissue dengan Teknik Single Slice CT-Scan pada Perempuan Dewasa usia 18-50 tahun = Correlation between Anthropometric Profile and Visceral Adipose Tissue Area using Single Slice CT-scan Technique in Adult Women age 18-50 Years.

Related Collection