Tesis

Pola Mutasi Genetik pada Anak dengan Sindrom Nefrotik Resisten Steroid Primer = Genetic Mutation Patterns in Children with Primary Steroid Resistant Nephrotic Syndrome.

Latar belakang: Diketahui sekitar 10-30% anak sindrom nefrotik resisten steroid (SNRS) mengalami varian patogenik (SNRS monogenik) dan kejadian ini lebih tinggi pada SNRS primer dibandingkan SNRS sekunder. Adanya varian patogenik yang terkonfirmasi dapat membantu memprediksi gejala klinis, berpengaruh terhadap terapi yang diberikan, memberikan informasi untuk konseling genetik, serta berpotensi untuk diagnosis antenatal atau pra-gejala. Di Indonesia, penelitian terkait pola mutasi genetik pada anak dengan SNRS primer masih sangat terbatas. Tujuan: Mengetahui pola mutasi genetik pada anak dengan SNRS primer di RSCM. Metode: Penelitian ini menggunakan metode studi prevalens dan potong lintang untuk mendeteksi pola varian genetik subjek dengan SNRS primer dan mengetahui hubungannya dengan profil klinis subjek. Pemeriksaan genetik yang dilakukan adalah whole exome sequencing (WES). Hasil: Dari 60 subjek, diperoleh 16 subjek yang merupakan SNRS dengan varian (26,7%) dan semuanya berusia

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2024
Pengarang

Reza Fahlevi - Nama Orang
Dina Muktiarti - Nama Orang
Partini Pudjiastuti Trihono - Nama Orang

No. Panggil
T24200fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xxi, 97 hlm., 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T24200fkT24200fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pola Mutasi Genetik pada Anak dengan Sindrom Nefrotik Resisten Steroid Primer = Genetic Mutation Patterns in Children with Primary Steroid Resistant Nephrotic Syndrome.

Related Collection