Tesis

Prediksi Intensi Penerimaan Vaksin COVID-19 pada orang dengan HIV berbasis Integrated Behavior Model = Predicting Intention to Receive COVID-19 vaccine in People Living with HIV using an Integrated Behavior Model.

Latar belakang: Orang dengan HIV (ODHIV) termasuk dalam populasi risiko tinggi untuk terjadi COVID-19 derajat berat. Vaksinasi merupakan salah satu modalitas penting dalam melawan penyakit ini akibat ketiadaan terapi yang efektif. Tujuan: Mengetahui intensi penerimaan vaksin COVID-19 pada orang dengan HIV berbasis integrated behavior model. Metode: Penelitian ini melalui dua fase,kualitatif dan kuantitatif. Pada fase kualitatif, kuesioner berbasis IBM dibuat berdasarkan hasil in-depth interview. Penelitian dilakukan di RS Cipto Mangunkusumo, RS Kramat 128, dan RS Kanker Dharmais dari September sampai Desember 2021. Kriteria inklusi adalah ODHIV ≥ 18 tahun dan eksklusi tidak dapat membaca atau menulis dan tidak mengisi kuesioner secara lengkap pada bagian IBM. Pengambilan data berbasis kertas atau dalam jaringan dengan metode acak sederhana. Analisis korelasi dan regresi linier dengan SPSS 25. Hasil: Dari total 470 partisipan, 75,6% pasien ingin melakukan vaksin. Model yang telah dibuat dapat menjelaskan 43,4% varians pada intensi untuk melakukan vaksinasi COVID-19 pada ODHIV (adjusted R2 = 0,434). Sebagai tambahan, determinan yang bermakna adalah sikap instrumental (B = 0,006, p < 0,05), norma yang dirasakan (B = 0,026, p < 0,01), dan kendali yang dirasakan (B = 0,019, p = 0,008). Kesimpulan: Integrated Behavior Model dapat memprediksi intensi ODHIV untuk melakukan vaksinasi COVID-19.
Kata kunci: integrated behavior model, intensi, orang dengan HIV, vaksin COVID-19.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Bramantya Wicaksana - Nama Orang
Evi Yunihastuti - Nama Orang
Hamzah Shatri - Nama Orang

No. Panggil
T23610fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23610fkT23610fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prediksi Intensi Penerimaan Vaksin COVID-19 pada orang dengan HIV berbasis Integrated Behavior Model = Predicting Intention to Receive COVID-19 vaccine in People Living with HIV using an Integrated Behavior Model.

Related Collection