Skripsi

Prevalence of Psychological Problems and Stages of Grief in People Undergoing COVID-19 Isolation at Wisma Atlet Kemayoran and RSCM Kiara = Gambaran Masalah Psikologis dan Tahapan Berduka pada Orang yang Menjalani Isolasi COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran dan RSCM Kiara.

Introduction: Patient isolation or quarantine during COVID-19 pandemic was vital in preventing disease transmission. However, it has a negative impact on the psychological state of quarantined people. Depression, anxiety, and cognitive problems are some examples of psychological problems that appear during isolation. Additionally, the inability to meet patient’s family directly and loss of freedom can trigger feelings of grief. Hence, this research aims to find the prevalence of psychological problems (i.e., anxiety, depression, and cognitive problems), stages of grief, and the association between demographic factors (i.e., age, gender, and educational level) with psychological problems Methods: Secondary data that was obtained from a survey on COVID-19 isolated patients in Wisma Atlet Kemayoran and RSCM Kiara between 19 and 26 October 2020 were used in this research. Univariate and bivariate analyses were done on those data using SPSS. Results: Among 1584 samples, 1517 were used due to missing data in some of the samples. A high prevalence of psychological problems (77.2%) was observed, with depression (63%) as the most prevalent. Acceptance (98.1%) was the most prevalent stage of grief experienced by the participants. Only gender and educational level were significantly associated with psychological problems, whereas female gender and high educational people were more prone to experience psychological problems during isolation Conclusion: The high rate of psychological problems found in isolated patients indicates the importance of inserting the management of psychological problems during the future pandemic that requires isolation as a preventive measure.
Keywords: COVID-19, Isolation, Quarantine, Psychological Problems, Stages of Grief


Latar Belakang: Isolasi atau karantina pasien selama pandemi COVID-19 merupakan langkah pencegahan persebaran penyakit yang penting. Namun, isolasi pasien COVID- 19 mempunyai dampak buruk terhadap kondisi psikologis. Beberapa masalah psikologis seperti kecemasan, depresi, dan masalah kognisi dapat muncul pada pasien yang di isolasi. Tidak hanya itu, isolasi dapat juga memicu perasaan berduka karena pasien tidak dapat bertemu langsung dengan keluarga serta kehilangan kebebasan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mencari prevalensi masalah psikologis (kecemasan, depresi, dan masalah kognisi), tahapan berduka, dan mencari asosiasi antara faktor demografi (umur, jenis kelamis, dan status pendidikan) dengan kejadian masalah psikologis Metode: Data sekunder yang didapat dari survey pada pasien isolasi COVID-19 yang ditempatkan di Wisma Atlet Kemayoran dan RSCM Kiara pada periode 19 sampai 26 Oktober 2020 digunakan untuk penelitian ini. Analisis univariat dan bivariat dilakukan pada data tersebut menggunakan program SPSS Hasil: Dari 1584 sampel dari data sekunder, 1517 digunakan untuk penelitian ini karena terdapat beberapa sampel dengan data yang tidak lengkap. Ditemukan prevalensi masalah psikologis yang tinggi (77.2%), dimana depresi merupakan masalah yang sering dijumpai (63%). Acceptance (98.1%) merupakan tahapan berduka yang paling banyak dialami partisipan. Kemudian, hanya jenis kelamin dan status pendidikan saja yang memiliki asosiasi yang signifikan dengan masalah psikologis, dimana perempuan dan orang yang beredukasi tinggi memiliki kecenderungan untuk mengalami masalah psikologis selama isolasi. Kesimpulan: Prevalensi masalah psikologis saat isolasi sangatlah tinggi, ini menandakan pentingnya memasukan manajemen masalah psikologis dalam penanganan pandemi yang mengharuskan dilakukannya isolasi di masa yang akan datang.
Kata kunci: COVID-19, Isolasi, Karantina, Masalah Psikologis, Tahapan Berduka

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Ichsan Meidito Morama - Nama Orang
Khamelia - Nama Orang

No. Panggil
S23128fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
xvi, 98 hlm. ; 21x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S23128fkS23128fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalence of Psychological Problems and Stages of Grief in People Undergoing COVID-19 Isolation at Wisma Atlet Kemayoran and RSCM Kiara = Gambaran Masalah Psikologis dan Tahapan Berduka pada Orang yang Menjalani Isolasi COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran dan RSCM Kiara.

Related Collection