Skripsi

Karakteristik dan Faktor Gaya Hidup yang Berhubungan dengan Kejadian Berat Badan Lebih dan Obesitas Pada Mahasiswa Baru UI 2022.

Latar Belakang Obesitas merupakan masalah kesehatan yang bersifat multifaktorial, yaitu dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti karakteristik seseorang dan berbagai perilaku kesehatan lainnya. Obesitas ini dapat terjadi di segala usia dan trennya kini semakin meningkat di berbagai wilayah. Penelitian ini akan melihat hubungan yang ada pada mahasiswa baru Universitas Indonesia terkait dengan karakteristik dan faktor gaya hidup yang ada. Metode Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa baru Universitas Indonesia dengan usia 12-24 tahun yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan di Makara Klinik Satelit UI dengan total sekitar 9000 mahasiswa. Karakteristik (usia, jenis kelamin, asal kota, asal fakultas) dan faktor gaya hidup (pola makan, kebiasaan tidur, aktivitas fisik) akan dievaluasi dan dilihat hubungannya dengan kejadian obesitas. Hasil Karakteristik berupa kelompok usia, jenis kelamin, asal kota, dan asal fakultas masingmasing memiliki hubungan yang bermakna atau signifikan secara statistik (p < 0.05). Faktor gaya hidup berupa konsumsi karbohidrat, konsumsi sayur, konsumsi buah, kebiasaan sarapan, dan aktivitas fisik memiliki hubungan yang bermakna (p < 0.05) sedangkan konsumsi fastfood dan kebiasaan begadang tidak memiliki hubungan yang bermakna (p > 0.05) Kesimpulan Setelah dilakukan analisis regresi dari semua faktor yang ada, didapatkan hubungan yang bermakna (p < 0.05) pada kelompok usia, jenis kelamin, asal kota, konsumsi karbohidrat, konsumsi sayur, konsumsi buah, dan kebiasaan sarapan
Kata Kunci: Obesitas, Mahasiswa, Karakteristik, Faktor Gaya Hidup

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Muhammad Kafka Ziyada - Nama Orang
Dhanasari Vidiawati Sanyoto - Nama Orang

No. Panggil
S23111fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xiii, 51 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S23111fkS23111fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Karakteristik dan Faktor Gaya Hidup yang Berhubungan dengan Kejadian Berat Badan Lebih dan Obesitas Pada Mahasiswa Baru UI 2022.

Related Collection