Skripsi

Hubungan Frekuensi Konsumsi Ikan Laut dengan Kekuatan Otot padaAnak Usia Sekolah di Kota Kotamobagu dan Faktor Lain yang Berhubungan = The Relationship between Frequency of Fish Sea Consumption and Muscle Strength in School-Age Children in Kotamobagu City and Other Determinant Factors.

Kotamobagu terletak di Sulawesi Utara yang dikeliling beberapa pegunungan, terdapat sejumlah sungai yang terlintas pada Kota Kotamobagu, hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk sarana usaha perikanan serta sumber air baku untuk PDAM. Konsumsiikan laut seperti tongkol, tuna, cakalang, dencis dan ikan kayu per kapita seminggunya pada kota Kotamobagu adalah 0,125 dengan satuan komoditasnya. Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang berpengaruh untuk menunjang kesehatan, status gizi, serta kekuatan otot. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsumsi ikan anak usiasekolah di kota Kotamobagu serta apa hubungan antara konsumsi ikan dengan kekuatan otot pada anak usia sekolah di kota Kotamobagu. Desain penelitian pada penelitian ini menggunakan studi potong lintang dengan menggunakan data sekunder yang berasal dari SEANUTS 2.0. Sampel penelitian ini berjumlah 52 dengan proporsi 22 laki-laki dan 30 perempuan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penghasilan orang tua anak usia sekolah di kota Kotamobagu mayoritas adalah kurang dari dua juta rupiah dan mayoritas tingkatan fisik anak usia sekolah di kota Kotamobagu adalah tingkatan sedang. Rata-rata indeks massa tubuh anak usia sekolah di kota Kotamobagu adalah 15,6 dengan persentase lemak 19,95%. Rata-rata usia anak usia sekolah di kota Kotamobagu adalah 9 tahun dengan dengan ratarata konsumsi ikan kurang dari rekomendasi Kemenkes 2017, dan rata-rata kekuatan otot anak usia sekolah di kota Kotamobagu pada penelitian ini adalah 11,2 kg. Analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan otot berhubungan dengan IMT (p=0,031), usia (p=0,000), dan persentase lemak (0,000). Pada analisis multivariat usia (p=0,001) IMT (p=0,17) dan Persentase Lemak (p=0.014), memiliki hubungan signifikan terhadap kekuatan otot. Dengan demikian, tidak ada hubungan yang signifikan anatara konsumsi ikan dengan kekuatanotot pada anak usia sekolah di kota Kotamobagu.
Kata kunci: Anak Usia Sekolah, Aktivitas Fisik Anak, Kekuatan otot, Konsumsi Ikan Laut, Kotamobagu, Nutrisi Anak.


Kotamobagu is located in North Sulawesi surrounded by several mountains, there are a number of rivers that cross Kotamobagu City, this is utilized by the community for fisheries business facilities and raw water sources for PDAM. Consumption of marine fish such as tuna, tuna, skipjack, dencis and wood fish per capita per week in Kotamobagu city is 0.125 with its commodity unit. Fish is one of the sources of animal protein that is influential in supporting health, nutritional status, and muscle strength. This study was conducted to determine how fish consumption of schoolage children in Kotamobagu city and what is the relationship between fish consumption and muscle strength in school-age children in Kotamobagu city. The research design in this study used a cross-sectional study using secondary data from SEANUTS 2.0. The sample of this study amounted to 52 with a proportion of 22 males and 30 females. From the results of the study, it was found that the majority of the income of parents of school-age children in Kotamobagu city is less than two million rupiah and the majority ofthe physical level of school-age children in Kotamobagu city is moderate. The averagebody mass index ofschool-age children in Kotamobagu city is 15.6 with a fat percentageof 19.95%. The average age of school-age children in Kotamobagu city was 9 years old with an average fish consumption less than the Ministry of Health's recommendation of 2017, and the average muscle strength of school-age children in Kotamobagu city in thisstudy was 11.2 kg. Bivariate analysis in this study showed that muscle strength was associated with BMI (p=0.031), age (p=0.000), and fat percentage (0.000). On multivariate analysis age (p=0.001) BMI (p=0.17) and Fat Percentage (p=0.014), had a significant relationship to muscle strength. Therefore, there is no significant relationship between fish consumption and muscle strength in school-age children in Kotamobagu city.
Key words: Children's Nutrition, Children's Physical Activity, Fish Consumption, handgrips Kotamobagu.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Dela Agustina - Nama Orang
listya Tresnanti Mirtha - Nama Orang

No. Panggil
S23101fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvii, 108 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S23101fkS23101fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Frekuensi Konsumsi Ikan Laut dengan Kekuatan Otot padaAnak Usia Sekolah di Kota Kotamobagu dan Faktor Lain yang Berhubungan = The Relationship between Frequency of Fish Sea Consumption and Muscle Strength in School-Age Children in Kotamobagu City and Other Determinant Factors.

Related Collection