Tesis

Kesintasan Kanker Tiroid Anak di RS dr. Cipto Mangunkusumo Tahun 2014—2020 dan Faktor yang Memengaruhi = Survival analysis of pediatric thyroid carcinoma in Cipto Mangunkusumo Hospital and its associated factors.

Latar Belakang: Kanker tiroid adalah kanker endokrin tersering pada anak usia 0—14 tahun, dan merupakan kanker yang paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Insidennya di dunia mencapai 0,54 kasus per 100 ribu orang. Risiko rekurensi pada anak lebih tinggi dibandingkan dewasa, namun tingkat mortalitas lebih rendah pada dewasa. Di Indonesia, sejauh ini terdapat dua pusat yang telah melakukan penelitian terkait karakteristik dan prognosis pada anak dan dewasa muda yakni di RS Hasan Sadikin (Bandung, 2018) dan RS Dr. Cipto Mangunkusumo (Jakarta, 2022), namun penelitian tersebut melibatkan populasi dewasa muda dan tidak secara khusus pada anak. Oleh karena itu, perlunya data yang dapat digunakan sebagai acuan yang menggambarkan kesintasan rekurensi dan mortalitas kanker tiroid pada anak, beserta analisis faktor-faktor yang memengaruhi rekurensinya. Metode: Desain penelitian ini adalah studi prognostik mengenai analisis kesintasan. Sampel penelitian diambil dari register rekam medik RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo 2014 – 2020. Kriteria inklusi adalah semua pasien anak (0—18 tahun) dengan diagnosis kanker tiroid sejak 1 Januari 2014 dan memiliki hasil patologi anatomi kanker tiroid. Analisis bivariat, multivariat, dan kesintasan dilakukan. Hasil bermakna jika p < 0,05. Hasil: Dari 35 subjek anak dengan kanker tiroid, sebanyak 29 memiliki data yang lengkap untuk dianalisis. Median usia keseluruhan adalah 16 (5 – 18) tahun. Tidak ada kejadian mortalitas yang dilaporkan dari seluruh subjek. Median overall survival adalah 60,0 bulan (32,5–60,0). Angka rekurensi keseluruhan adalah 25,0%. Pada uji bivariat maupun regresi cox; usia, jenis kelamin, jenis histopatologi, terapi dan jenis pembedahan tidak memengaruhi rekurensi (p > 0,05). Kesimpulan: Angka rekurensi pada anak dengan kanker tiroid di RSCM adalah 25,0% dengan nilai median disease-free survival 96,0 bulan. Tidak ada faktor yang diteliti yang bermakna memengaruhi rekurensi secara statistik.
Kata kunci: kanker tiroid, anak, kesintasan, rekurensi, tata laksana


Background: Thyroid cancer is the most common endocrine malignancy in children aged 0-14 years, frequently occurring in adolescents and young adults. The global incidence rate stands at 0.54 cases per 100,000 individuals. Pediatric patients exhibit higher recurrence rates compared to adults, although their mortality rates are lower. In Indonesia, research on the characteristics and prognosis of pediatric and young adults with thyroid cancer has been conducted at two centers: Hasan Sadikin Hospital (Bandung, 2018) and Cipto Mangunkusumo Hospital (Jakarta, 2022), but the young adults population was included and not exclusively for pediatrics. This study aimed to provide essential data on recurrence and mortality rates of pediatric thyroid cancer, along with an analysis of contributing factors. Methods: This study employed a prognostic design focusing on survival analysis. The research sample was drawn from the medical records registry of Cipto Mangunkusumo Hospital (CMH) from 2014 to 2020. Inclusion criteria encompassed all pediatric patients (0-18 years) diagnosed with thyroid cancer since January 1, 2014, and with confirmed thyroid cancer pathology results. Bivariate, multivariate analyses, and survival analyses were conducted. Results were considered significant at p < 0.05. Results: Out of 35 pediatric subjects with thyroid cancer, complete data for analysis were available for 29 patients. The overall median age was 16 (5-18) years. No reported mortalities were observed among the subjects. The median overall survival was 60.0 months (32.5-60.0). The overall recurrence rate was 25.0%. None of the factors studied; age, sex, histopathology, therapy and types of surgery affects recurrency (p > 0.05). Conclusion: The recurrence rate among pediatric patients with thyroid cancer at CMH was 25.0%, with a median disease-free survival of 96.0 months. There were no significant factor contributing to the increased risk of recurrence.
Keywords: thyroid carcinoma, pediatric, survival, recurrence, management

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Marlin Martono Puteri Prawirodihardjo - Nama Orang
Erwin Danil Yulian - Nama Orang

No. Panggil
T23419fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
xiv, 35 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23419fkT23419fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kesintasan Kanker Tiroid Anak di RS dr. Cipto Mangunkusumo Tahun 2014—2020 dan Faktor yang Memengaruhi = Survival analysis of pediatric thyroid carcinoma in Cipto Mangunkusumo Hospital and its associated factors.

Related Collection