Tesis

Eksplorasi Adaptasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Bauran pada Pendidikan Kedokteran Tahap Klinis di Masa Pandemi COVID-19 = Exploration of Student Adaptation in Blended Learning in Clinical Stage Medical Education during the COVID-19 Pandemic.

Pendahuluan: Pembelajaran klinik pada pendidikan kedokteran harus mengalami perubahan yang drastis akibat terjadinya pandemi COVID-19, yaitu transisi dari sistem pendidikan tradisional menuju ke sistem daring yang mengakibatkan hilangnya dan berkurangnya pengalaman keterampilan klinis yang diperoleh mahasiswa. Transisi yang tiba-tiba mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi secara cepat tanpa tersedianya panduan dan sumber daya yang memadai. Proses adaptasi ini menjadi tantangan tersendiri dan memegang peran penting dalam keberhasilan pendidikan klinis. Tujuan: Mengeksplorasi adaptasi mahasiswa dalam pembelajaran bauran pada pendidikan kedokteran tahap klinis di masa pandemi COVID-19 Metode: Penelitian ini menggunakan desain studi kualitatif fenomenologi. Data dikumpulkan melalui focus group discussion (FGD) dengan 33 mahasiswa yang terbagi dalam empat sesi. Data diolah dengan metode analisis tematik. Untuk memastikan trustworthiness dilakukan triangulasi peneliti dan member checking. Analisis dilakukan berdasarkan tema yang muncul. Hasil: Terdapat 9 tema dalam 3 kategori. Kategori pertama yakni perubahan yang terjadi pada pembelajaran klinis di masa pandemi yang terdiri dari perasaan mahasiswa, perubahan pada sistem pembelajaran klinis dan kendala yang ditemui. Kategori kedua adalah persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bauran pada pendidikan klinis di masa pandemi COVID- 19 yang terdiri dari keunggulan dan kekurangan dari pembelajaran bauran. Kategori ketiga yaitu adalah adaptasi mahasiswa dalam pembelajaran bauran di masa pandemi COVID-19 yang terdiri dari tema adaptasi mahasiswa terhadap kondisi pandemi dan adaptasi mahasiswa terhadap pembelajaran bauran. Kesimpulan: Mahasiswa melakukan upaya penyesuaian diri baik terhadap kondisi pandemi dan terhadap pembelajaran bauran. Mahasiswa memiliki persepsi dari keunggulan dan kekurangan pembelajaran bauran. Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilannya dalam pembelajaran bauran ynag terdiri dari faktor internal dan eksternal.
Kata kunci: adaptasi, pembelajaran bauran, mahasiswa, pendidikan klinis


Introduction: Clinical learning in medical education experienced a drastic change due to the COVID-19 pandemic, including the transition from traditional to online and blended learning model. This condition results the loss and reduction of student’s clinical skills experience. Sudden transition amidst the COVID-19 pandemic requires students and educators to adapt instantly without any available guideline and appropriate sources. The adaptation process become challenge for students and it is crucial to determine the success of clinical education. Purpose: To explore student adaptation in blended learning in clinical stage medical education during COVID-19 pandemic. Methods: This study used a qualitative phenomenology design. Data was collected through focus group discussions (FGD) with 33 students divided into 4 sessions. Collected data were transcribed and processed using thematic analysis methods. Themes that emerged from this study were analyzed. Triangulation and member checking were used to ensure trustworthiness. Results: There are 9 themes in 3 categories found in the study. The first category is changes in clinical learning during pandemic which consist of changes in education system, student's emotional reactions and obstacles. Second category is medical student perception about blended learning during pandemic consist of benefits and burdens of blended learning. The third category is student adaptation during clinical education during pandemic, consist of student adaptation towards pandemic situation, student adaptation towards blended learning, factors influencing student adaptation and student expectations. Conclusion: Students should make efforts to adapt both toward pandemic conditions in general and blended learning. Students identified benefits and burdens using blended learning model. Some factors can influence their success in blended learning which consists of internal and external factors.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Annisa Bunga Nafara - Nama Orang
Mardiastuti H. Wahid - Nama Orang
Estivana Felaza - Nama Orang

No. Panggil
T23379fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Magister Pendidikan Kedokteran.,
Deskripsi Fisik
xiii, 212 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23379fkT23379fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Eksplorasi Adaptasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Bauran pada Pendidikan Kedokteran Tahap Klinis di Masa Pandemi COVID-19 = Exploration of Student Adaptation in Blended Learning in Clinical Stage Medical Education during the COVID-19 Pandemic.

Related Collection