Tesis

Hubungan Defisiensi Vitamin D Serum Praoperasi Dengan Kejadian Infeksi Daerah Operasi Pasca Laparotomi Elektif = Association between Preoperative Serum Vitamin D Deficiency and Surgical Site Infections after Elective Laparotomy.

Latar Belakang: Infeksi daerah operasi (IDO) merupakan salah satu komplikasi pascaoperasi tersering yang meningkatkan morbiditas, mortalitas, dan beban biaya kesehatan. Penerapan strategi pencegahan hanya menurunkan sedikit angka infeksi nosokomial pada pembedahan. Vitamin D diketahui memiliki pengaruh pada regulasi imun dan penyembuhan luka. Namun, hanya sedikit studi yang menilai efek potensialnya dalam mengurangi kejadian IDO dengan hasil yang didapatkan belum konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan status vitamin D serum praoperasi dengan kejadian IDO pascalaparotomi elektif. Metode: Studi kohort prospektif ini dilakukan pada subjek berusia 18–65 tahun di RS pendidikan tersier, RSUPN Dr. Cipto Mangungkusumo, yang dirawat untuk laparotomi elektif pada bulan Maret hingga Juni 2023. Pengukuran 25-hidroksi vitamin D serum praoperasi menggunakan metode chemiluminescent microparticle immunoassay (CMIA) dengan cutoffdefisiensi pada kadar

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Freesia Novita Kusumawardani - Nama Orang
Lily Indriani Octovia - Nama Orang
Wiji Lestari - Nama Orang
Wifanto Saditya Jeo - Nama Orang

No. Panggil
T23200fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Program Studi Ilmu Gizi Klinik.,
Deskripsi Fisik
xv, 83 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23200fkT23200fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Defisiensi Vitamin D Serum Praoperasi Dengan Kejadian Infeksi Daerah Operasi Pasca Laparotomi Elektif = Association between Preoperative Serum Vitamin D Deficiency and Surgical Site Infections after Elective Laparotomy.

Related Collection