Tesis

Faktor yang Memengaruhi Infeksi Kateter Hemodialisis pada Pasien Anak dengan Penyakit Ginjal Tahap Akhir di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Contributing factors to hemodialysis catheter infections in pediatric end-stage renal disease at Dr. Cipto Mangunkusumo Hospital.

Latar Belakang: Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menunjukan prevalensi penurunan laju filtrasi glomerulus pada remaja sekitar 1,4%. International Pediatric Nephrology Association (IPNA) 2018 melaporkan terdapat 200 anak dengan penyakit ginjal tahap akhir (PGTA) di Indonesia. Hampir 99% menjalani hemodialisis dan hanya satu persen yang dilakukan transplantasi ginjal atau dialysis peritoneal. Pasien PGTA anak dengan catheter double lumen (CDL) sering mengalami infeksi pada akses hemodialisis yang digunakan. Penelitian ini bertujuan melihat karakteristik pasien PGTA anak yang menjalani hemodialisis menggunakan CDL baik tunnelled (TCDL) maupun non-tunnelled (NTCDL), insidensi infeksi, faktor risiko yang memengaruhi terjadinya infeksi, dan angka kesintasan CDL. Metode: Desain penelitian ini adalah kohort retrospektifmenggunakan data rekam medik pasien anak yang dipasang akses vaskular hemodialis oleh Divisi Bedah Vaskular RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mulai Januari 201 6 hingga Juli 2022. Data disajikan dalam bentuk frekuensi dan persentase. Analisis bivariat dilakukan menggunakan uji Chi square dan analisis kesintasan menggunakan kurva Kaplan-Meier. Hasil signfikan secara statistik apabila nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Margaretta Limawan - Nama Orang
AlexanderJayadi Utama - Nama Orang
Henny Adriani Puspitasari - Nama Orang
Herqutanto - Nama Orang

No. Panggil
T23111fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Bedah Vaskular dan Endovaskular.,
Deskripsi Fisik
xvi, 48 hlm. ; 21x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23111fkT23111fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Faktor yang Memengaruhi Infeksi Kateter Hemodialisis pada Pasien Anak dengan Penyakit Ginjal Tahap Akhir di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo = Contributing factors to hemodialysis catheter infections in pediatric end-stage renal disease at Dr. Cipto Mangunkusumo Hospital.

Related Collection