Tesis

Hubungan Tipe Golongan Darah ABO dengan Penyakit Pembuluh Darah Perifer (PAD) pada Pasien Diabetes Melitus tipe II di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo = Relationship between ABO Blood Group Type and Peripheral Vascular Disease (PAD) in Type II Diabetes Mellitus Patients at Dr. Cipto Mangunkusumo.

Latar belakang. Salah satu komplikasi paling umum dari diabetes mellitus (DM) adalah penyakit arteri perifer (PAD). Diperkirakan PAD mempengaruhi sebanyak 20% orang di atas 65 tahun. Banyak faktor yang berhubungan dengan terjadinya PAD. Golongan darah merupakan faktor risiko yang dikatakan mempengaruhi keparahan PAD namun belum banyak diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hubungan golongan darah ABO dengan derajat keparahan PAD pada pasien DM tipe II. Metode. Studi cross-sectional dilakukan pada pasien DM tipe II yang didiagnosis dengan PAD dan datang ke Rumah Sakit Nasional Cipto Mangunkusumo, Indonesia selama periode Januari 2022 hingga Juni 2022. Diagnosis PAD didasarkan pada pengukuran indeks pergelangan kaki-brakialis. (ABI). Tingkat keparahan PAD dikelompokkan menjadi PAD ringan (ABI 0,7-0,9) dan PAD sedang-berat (ABI

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Adi Nugroho Danang Puruboyo - Nama Orang
Dedy Pratama - Nama Orang

No. Panggil
T23081fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
x, 52 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23081fkT23081fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Tipe Golongan Darah ABO dengan Penyakit Pembuluh Darah Perifer (PAD) pada Pasien Diabetes Melitus tipe II di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo = Relationship between ABO Blood Group Type and Peripheral Vascular Disease (PAD) in Type II Diabetes Mellitus Patients at Dr. Cipto Mangunkusumo.

Related Collection