Tesis

Korelasi Kadar 25(OH)D Serum dengan Derajat Keparahan Hand Eczema pada Tenaga Medis = Correlation ofSerum 25(OH)D Levels with Severity of Hand Eczema among Healthcare Workers.

Hand eczema (HE) adalah peradangan kulit tangan yang umum terjadi pada pekerjaan tertentu, termasuk di pelayanan kesehatan. Insidensi HE pada tenaga medis meningkat di era pandemi Covid-19 akibat peningkatan praktik hand hygiene. Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak yang memiliki berbagai pengaruh terhadap kulit, khususnya pada kondisi inflamasi. Vitamin D berperan dalam proses proliferasi dan diferensiasi epidermis serta berkaitan dengan imunitas kulit dan penyembuhan luka. Kadar rendah vitamin D diduga berkaitan dengan HE dan derajat keparahannya. Penelitian ini bertujuan menganalisis korelasi antara derajat keparahan HE dan kadar vitamin D yang diukur dengan 25(OH)D serum pada tenaga medis di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Penelitian ini merupakan studi deskriptif analitik dengan desain potong lintang. Populasi target penelitian adalah tenaga medis RSCM dengan HE yang dipilih menggunakan metode consecutive sampling berdasarkan kriteria penerimaan dan penolakan. Penilaian keparahan HE dilakukan dengan instrumen Hand Eczema Severity Index (HECSI) dan pengukuran kadar 25(OH)D serum dilakukan dengan pengambilan darah vena perifer. Analisis statistik yang sesuai dilakukan untuk membuktikan hipotesis penelitian. Nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Danny Surya - Nama Orang
Melani Marissa - Nama Orang
Sandra Widaty - Nama Orang
Githa Rahmayunita - Nama Orang
Dewi Friska - Nama Orang

No. Panggil
T23074fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Dermatologi dan Venerologi.,
Deskripsi Fisik
xvii, 92 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23074fkT23074fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Korelasi Kadar 25(OH)D Serum dengan Derajat Keparahan Hand Eczema pada Tenaga Medis = Correlation ofSerum 25(OH)D Levels with Severity of Hand Eczema among Healthcare Workers.

Related Collection