Tesis

Luaran pengobatan TB-RO dengan paduan individual all-oral serta faktor yang memengaruhi angka keberhasilan pengobatan di RSUP persahabatan jakarta = Outcomes of drug-resistant tuberculosis (DR-TB) treated with long term all-oral regimen and its factors influencing the success rate of treatment at Persahabatan Hospital Jakarta.

Latar Belakang: Tuberkulosis resistan obat (TB-RO) masih menjadi masalah kesehatan global, penyakit utama penyebab kematian kasus infeksi tunggal terbanyak setelah Corona virus disease 2019 (COVID-19). Tahun 2021 secara global terdapat 167.000 orang dengan TB Multi Drug Resistant/Rifampicin Resistant (MDR/RR) terkonfirmasi, 162.000 memulai terapi. Angka keberhasilan global pengobatan TB RR/MDR sebesar 60%, sedangkan di Indonesia sebesar 47%. WHO merekomendasikan paduan bebas injeksi untuk TB-RO tahun 2019 meningkatkan angka keberhasilan 60% menjadi 73% dan menurunkan angka putus berobat 17,3% menjadi 9,9%. Pengobatan OAT all-oral direkomendasikan di Indonesia sejak 2020 termasuk paduan individual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui luaran pengobatan TB-RO dengan paduan individual all-oral serta faktor apa saja yang memengaruhi keberhasilan pengobatan TB-RO di RSUP Persahabatan. Metode: Desain penelitian ini adalah kohort retrospektif menggunakan data rekam medis fisik dan elektronik, dilakukan di Poli TB-RO RSUP Persahabatan Oktober 2022, dengan teknik total sampling. Subjek penelitian adalah pasien TB-RO yang mendapatkan paduan individual all-oral dan memulai terapi Januari2020-Desember 2021 di poli TB-RO RSUP Persahabatan yang memenuhi kriteria penelitian. Hasil: Didapatkan 162 subjek penelitian dengan karakteristik median usia 44 (18−74) tahun, 61,7% laki-laki dan 52,5% subjek dengan IMT

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Yanita Novalina Ursula - Nama Orang
HEidy Agustin - Nama Orang
Fathiyah Isbaniah - Nama Orang

No. Panggil
T22438fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 68 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22438fkT22438fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Luaran pengobatan TB-RO dengan paduan individual all-oral serta faktor yang memengaruhi angka keberhasilan pengobatan di RSUP persahabatan jakarta = Outcomes of drug-resistant tuberculosis (DR-TB) treated with long term all-oral regimen and its factors influencing the success rate of treatment at Persahabatan Hospital Jakarta.

Related Collection