Text

Hubungan antara Kebiasaan Merokok dengan Kadar FeNO dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Merokok pada Mahasiswa Laki-Laki Perokok di Depok.

Latar Belakang: Merokok adalah masalah kesehatan yang persisten di Indonesia. Penelitian mengenai dampak merokok terhadap kadar FeNO pada mahasiswa sudah dilakukan sebelumnya, namun tidak pernah dilakukan di Indonesia. Jumlah perokok dan perokok remaja di Indonesia sangat ekstensif, sehingga pengetahuan mengenai akibat merokok pada subjek ini sangat dibutuhkan, salah satunya adalah mengenai kadar FeNO pada mahasiswa yang merokok di Indonesia. Selain itu, dibutuhkan juga penelitian mengenai alasan merokok , karena alasan merokok berhubungan dengan metode pemberhentian merokok yang lebih efektif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kebiasaan merokok dengan kadar nitrit oksida yang dihembuskan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kebiasaan merokok pada mahasiswa di Depok. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang pada 124 subjek yang dilakukan wawancara dan dengan 30 subjek di antaranya dipilih untuk tes kadar FeNO. Hasil: Dari hasil penelitian yang dilakukan, korelasi kebiasaan merokok dengan kadar FeNO sebesar -,12 dan dengan kemaknaan statistika sebesar ,524. Sementara itu, alasan paling umum dari merokok yang ditemukan adalah penghilang stress dan untuk menimbulkan kesenangan. Diskusi: Tidak ditemukan korelasi antara kebiasaan merokok dengan FeNO. Hal ini mungkin berhubungan dengan rendahnya skor indeks Brinkman yang dapat jadi disebabkan oleh sebentarnya waktu merokok pada mahasiswa. Penghilang stress dan kesenangan pada merokok telah ditemukan berkorelasi dengan stress dunia perkuliahan, awal dari masa dewasa muda, dan pada kemiskinan, berdasarkan penelitian sebelumnya
Kata kunci: Rokok, Mahasiswa, FeNO, Kuesioner Horn, Indeks Brinkman


Background: Smoking is a nationwide, persistent, health problem in Indonesia. Researches about the impact ofsmoking to the FeNO rate ofcollege students have been conducted, but not one ofthem have been done in Indonesia. The amount of smokers and teenage smokers in Indonesia are extensive, thus created this need of understanding ofthe implications ofsmoking, which one ofthem is to understand the FeNO level on college smokers. This also created the need for the understanding ofreasons ofsmoking, as the understanding ofreasons ofsmoking correlates to a more effective smoking cessation attempt. Objective: The study aimed to determine the relationship between smoking habit and exhaled nitric oxide level and to understand more about the reasons for smoking in college students in Depok. Methods: The study is conducted by using both analytical and descriptive cross-sectional study. We interviewed 124 subjects, which on 30 of them are chosen for the FeNO level test. Result: Based on the conducted studies, the correlation coefficient between smoking habit and FeNo level are,-12 with data significance of ,524. The most prominent reason for smoking is to relieve stress and to incite pleasure ofsmoking. Discussion: There is no correlation found between smoking habit and exhaled nitric oxide among subjects. This might have a correlation with the low score ofBrinkman Index found in subjects, which itself caused probably by the length ofsmoking among college students. Stress relieving and pleasure from smoking itselfare found to correlate with the stressful college life, the start of young adulthood, and in poverty, previous studies have shown.
Keywords: Cigarettes, Students, Frequency Exhaled Nitric Oxide (FeNO), Horn Questionnaire, Brinkman Index

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Irfan Hasyim Tadjoedin - Nama Orang

No. Panggil
S19210fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvi, 48 hlm. ; 21x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S19210fkS19210fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Kebiasaan Merokok dengan Kadar FeNO dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Merokok pada Mahasiswa Laki-Laki Perokok di Depok.

Related Collection