Tesis

Uji Validasi Dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Stigma Terhadap Orang Yang Mengalami Tuberkulosis Di Lingkungan Kerja = Validity and Reliability Study of Stigma Assessment Questionnaire toward People with Tuberculosis in Work Environment.

Latar Belakang. Stigma TB di lingkungan kerja dapat merugikan pekerja yang mengalami TB. Kuesioner yang sering digunakan untuk menilai stigma TB adalah kuesioner yang dipublikasikan oleh Van Rie. Namun kuesioner tersebut untuk menilai stigma TB pada masyarakat umum. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi kuesioner, uji validasi dan reliabilitas agar kuesioner dapat digunakan sebagai instrumen penilaian stigma terhadap orang yang mengalami TB di lingkungan kerja. Metode. Penelitian diawali dengan penerjemahan dan penyesuaian kultural dari kuesioner asli. Tim peneliti melakukan modifikasi kuesioner asli yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia agar kuesioner dapat digunakan di lingkungan kerja. Penelitian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner prefinal kemudian dilanjutkan dengan melakukan analisis faktor dan uji reliabilitas.. Hasil. Kuesioner pre-final dihasilkan dari validasi konten dan modifikasi kuesioner. Hasil dari analisa faktor semua pernyataan > 0.4 dan didapatkan dua faktor yaitu (1) takut akan penularan dan penyakit dan (2) sikap terhadap orang dengan TB dengan nilai Alpha Cronbach untuk masing – masing faktor 0.829 dan 0.806. Nilai Alpha Cronbach untuk semua pernyataan adalah 0.873. Nilai Corrected Item Total Correlation semua pernyataan antara 0.451 – 0.741. Kesimpulan. Penelitian menghasil kuesioner stigma TB yang valid dan reliable untuk digunakan oleh pekerja di Indonesia.
Kata Kunci : Analisis Faktor; Sektor Formal; Sektor Informal; Stigma Tuberkulosis; Tuberkulosis.


Background. The stigma of TB in the work environment can harm workers who have TB. The questionnaire that is used to assess TB’s stigma for general population is published by Van Rie. In this study, questionnaire modification, validation and reliability test were carried out so it can be used as an instrument to assess the Stigma of people who get TB infection in work environment. Method. The research started with the original questionnaire being translated and culturally adjusted. The researcher modified the original questionnaire, so the questionnaire can be used in the workplace. The research continued by gathering some data using the pre-final questionnaire, which then continued by factor analysis and reliability test. Results. Pre-final questionnaire generated by content validation. The results of factor analysis of all statements had a loading factor > 0.4 and were divided into two factors: (1) Fear of transmission and disease and (2) Attitude toward people suffering from TB with Alpha Cronbach’s for each factor were 0.829 and 0.806. Alpha Cronbach's for all statements is 0.873. Inter-item correlation scores of all statements were between 0.451- 0.741. Conclusion. This study generate a valid and reliable questionnaire for Tuberculosis Stigma which can be used by Indonesian workers in the Work environment.
Keywords: Factor Analyst; Formal Sector; Informal Sector; Tuberculosis; Tuberculosis Stigma.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Frisca Aprillia Halim - Nama Orang
Aria Kekalih - Nama Orang
Dewi Sumaryani Soemarko - Nama Orang

No. Panggil
T22308fk
Penerbit
Jakarta : Program Magister Ilmu Biomedik.,
Deskripsi Fisik
xviii, 84 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22308fkT22308fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Uji Validasi Dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Stigma Terhadap Orang Yang Mengalami Tuberkulosis Di Lingkungan Kerja = Validity and Reliability Study of Stigma Assessment Questionnaire toward People with Tuberculosis in Work Environment.

Related Collection