Tesis

Perbedaan Ekspresi Ki-67 antara Adenoma Hipofisis yang Mengalami Rekurensi/Regrowth dan yang Tidak Mengalami Rekurensi/Regrowth = Ki-67 Expression Difference between Pituitary Adenoma with Recurrence/Regrowth and without Recurrence/Regrowth.

Latar Belakang: Adenoma hipofisis merupakan salah satu tumor primer intrakranial tersering yang meskipun memiliki perangai yang jinak, namun sebagian dapat bersifat lebih agresif dengan risiko rekurensi/regrowth yang lebih tinggi dan berdampak buruk pada kualitas hidup pasien. Identifikasi awal adenoma yang lebih agresif tersebut dapat membantu menentukan strategi tatalaksana agresif dan follow-up ketat untuk mencegah terjadinya rekurensi/regrowth. Penilaian aktivitas proliferasi dengan ekspresi Ki-67 pada adenoma hipofisis diharapkan dapat menjadi prediktor terjadinya rekurensi/regrowth. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menilai ekspresi Ki-67 pada adenoma hipofisis yang mengalami rekurensi/regrowth dan yang tidak mengalami rekurensi/regrowth. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian retrospektif analitik. Populasi penelitian adalah pasien yang telah didiagnosis sebagai adenoma hipofisis dengan pemeriksaan histopatologik di Departemen Patologi Anatomik FKUI/RSCM dari tanggal 1 Januari 2016 hingga 31 Desember 2020. Pengambilan sampel dilakukan secara konsekutif. Dilakukan pulasan imunohistokimia dengan antibodi Ki-67. Data dianalisis secara statistik untuk menilai ekspresi Ki-67. Hasil: Didapatkan 46 kasus adenoma hipofisis yang terdiri atas 23 kasus dengan rekurensi/regrowth dan 23 kasus tanpa rekurensi/regrowth. Rerata ekspresi Ki-67 pada kelompok yang mengalami rekurensi/regrowth lebih tinggi dibandingkan dengan keompok yang tidak mengalami rekurensi/regrowth (1,58% vs 0,88%, p=0,003). Nilai titik potong yang direkomendasikan untuk memprediksi rekurensi/regrowth sebesar 1,37%. Terdapat korelasi positif yang sangat lemah antara ekspresi Ki-67 dengan ukuran tumor (r=0,30, p=0,044). Tidak terdapat hubungan bermakna antara ekspresi Ki-67 dengan invasi tumor (p=0,142). Ukuran tumor merupakan prediktor independen terjadinya rekurensi/regrowth pada adenoma hipofisis (aOR 1,1x, p=0,029). Kesimpulan: Ekspresi Ki-67 yang lebih tinggi berhubungan dengan rekurensi/regrowth pada adenoma hipofisis.
Kata kunci: adenoma hipofisis, invasi, ukuran tumor, ki-67, rekurensi, regrowth


Background: Pituitary adenoma is one of the most common primary intracranial tumor which although most have benign course, some can be aggresive with higher reccurrence/regrowth risk and have bad impact to patient’s quality of life. Early identification of aggressive pituitary adenoma can help for deciding aggressive treatment strategies and strict follow-up to prevent recurrence/regrowth. Proliferation assesment using Ki-67 expression is expected to be one of the predictor of tumor recurrence/regrowth. Objectives: This study aims to evaluate Ki-67 expression in pituitary adenoma with recurrence/regrowth and without recurrence/regrowth. Methods: This is an analytic retrospective study including specimens diagnosed as pituitary adenoma recorded in archives of Anatomical Pathology Departemen, FMUI/CMH from January 1 st . 2016 to December 31th, 2020. Consecutive sampling method was used. Ki-67 immunostaining was conducted and Ki-67 expression in percentage was evaluated. Data was analyzed statistically to evaluate Ki-67 expression. Results: Forty-six cases were selected, consisted of 23 cases with recurrence/regrowth and 23 cases without recurrence/regrowth. There was higher expression of Ki-67 in adenoma with recurrence/regrowth than adenoma without recurrence/regrowth (1,58% vs 0,88%, p=0,03). Recommended cut off value to predict recurrence/regrowth in this study was 1,37%. Ki-67 expression was correlated with tumor size (r=0,30, p=0,04). There was no significant association between Ki-67 expression and tumor invasion (p=0,142). Tumor size was an independent predictor of reccurence/regrowth (aOR 1,1x, p=0,029). Conclusion: Higher Ki-67 expression was associated with recurrence/regrowth in pituitary adenoma.
Keywords: pituitary adenoma, invasion, tumor size, ki-67, recurrence, regrowth

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Novita Sari - Nama Orang
Eka Susanto - Nama Orang
Evelina - Nama Orang

No. Panggil
T22220fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Patologi Anatomik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 66 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22220fkT22220fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbedaan Ekspresi Ki-67 antara Adenoma Hipofisis yang Mengalami Rekurensi/Regrowth dan yang Tidak Mengalami Rekurensi/Regrowth = Ki-67 Expression Difference between Pituitary Adenoma with Recurrence/Regrowth and without Recurrence/Regrowth.

Related Collection