Tesis

Hubungan Karakteristik Morfologis Lesi Mamografi serta Ultrasonografi Karsinoma Payudara dengan Derajat Keganasan Histopatologis di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo = Relationship of Morphological features on Ultrasound and Mammogram of Breast Cancer with Histopathological Grade in Cipto Mangunkusumo National Referral Hospital.

Latar Belakang: USG payudara dan mamografi secara luas digunakan sebagai modalitas diagnostik yang efektif untuk mengevaluasi kelainan payudara. Derajat keganasan histopatologis berperan penting dalam manajemen karsinoma payudara. Ketersediaan pemeriksaan histopatologis yang terbatas dan sebaran pemeriksaan USG dan mamografi yang lebih luas diharapkan dapat membantu klinisi dalam menentukan penatalaksanaan karsinoma payudara lebih dini. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan nilai mamografi serta USG payudara dengan mengetahui keterkaitan temuan morfologis lesi berdasarkan USG payudara dan mamogram yang dapat mengidentifikasi derajat keganasan histopatologis karsinoma payudara. Metode: Studi retrospektif ini melibatkan subyek dengan karsinoma payudara primer yang menjalani USG dan mamografi serta belum menjalani prosedur apapun. Temuan USG dan mamogram dianalisis dan dikorelasikan dengan derajat keganasan histopatologis. Variabel dianalisis menggunakan uji chi-square dan Kolmogorov-Smirnov. Hasil: Diperoleh 174 subyek karsinoma payudara. Usia rerata subyek 52 tahun. Ukuran massa < 5 cm paling banyak ditemukan (61,1%) dan memiliki hubungan yang signifikan dengan derajat keganasan histopatologis (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Andita Dwi Hidayati - Nama Orang
Sawitri Darmiati - Nama Orang
Joedo Prihartono - Nama Orang
Sonar Soni Panigoro - Nama Orang
Hartono Tjahjadi - Nama Orang

No. Panggil
T22118fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Spesialis Radiologi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 75 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22118fkT22118fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Karakteristik Morfologis Lesi Mamografi serta Ultrasonografi Karsinoma Payudara dengan Derajat Keganasan Histopatologis di RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo = Relationship of Morphological features on Ultrasound and Mammogram of Breast Cancer with Histopathological Grade in Cipto Mangunkusumo National Referral Hospital.

Related Collection