Tesis

Pengembangan Modul Psikoterapi Psikodinamik Jangka Pendek untuk Peningkatan Mentalisasi dan Relasi Interpersonal bagi Penyalahguna NAPZA = Modul of Brief Psychoterapy Psychodinamic to Enhance Mentalization and Interpersonal Relationship for Drug Abuser.

Pengguna Zat Psikoaktif atau NAPZA (Narkotika, Psikotropika, Zat adiktif dan Alkohol) terus berkembang dari tahun ke tahun. Penyalahguna Zat Psikoaktif (NAPZA) biasanya mempunyai kesulitan untuk dapat memahami dirinya sendiri dan memahami orang-orang terdekatnya, sehingga penyalahguna NAPZA banyak yang mengalami masalah mentalisasi dan hubungan interpersonal, sebab itu intervensi psikoterapi psikodinamik jangka pendek dapat dipertimbangkan.Mengembangkan modul psikoterapi psikodinamik jangka pendek untuk peningkatan mentalisasi dan memperbaiki hubungan interpersonal. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan Focus Group Discussion dengan 5 ahli di bidang psikoterapi dan 2 ahli di bidang adiksi kemudian pencatatan hasil diskusi para ahli dikelompokkan dan dilakukan analisis tematik, untuk melihat tema-tema penting yang muncul saat focus group discussion. Pada pengelompokan tema-tema yang didiskusikan mengarah pada sesi-sesi yang tersusun dalam modul. Tiap sesi berisi tujuan dan luaran yang dapat dicapai oleh terapis. Sesi yang dihasilkan dalam diskusi berjumlah sembilan, mengacu pada psikoterapi psikodinamik jangka pendek pada umumnya yang sesinya berjumlah kurang dari dua puluh. Kriteria pasien, tata cara penggunaan modul, perilaku maladaptif pasien yang akan diubah, proses transferensi-kontratransferensi, working through, sampai pada terminasi, semua dituliskan sebagai hasil penelitian berupa modul.
Kata kunci Mentalisasi, relasi interpersonal, psikoterapi psikodinamik jangka pendek, penyalahguna Zat Psikoaktif (NAPZA)


Drug abuser always increasing nowadays. The patient of drug abuser usually face the difficulties of mentalization and interpersonal relationship. Based on this problem, as theoritically brief psychoterapy psychodinamic can be used to improve the mentalization and interpersonal relationship of the drug abusers. This research is for getting a modul to enhance mentalization and better interpersonal relationship of drug abuser using a qualitative method with focus group discussion and tematic analysis which is completed by the session of modul, that is nine session. Each session contents within the goal, outcome and every single steps to do the session well. The criteria of the patient, procedure of therapy, maladaptive behaviour of patient that will be changed, transference-contratransference process, working through and termination of the brief psychoterapy psychodinamic should be written in the modul.
Keywords Mentalization, interpersonal relationship, brief psychoterapy psychodinamic, drug abuser

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2022
Pengarang

Imelda Wijaya - Nama Orang
Tjhin Wiguna - Nama Orang
Sylvia Detri Elvira - Nama Orang
Petrin Redayani Lukman - Nama Orang

No. Panggil
T22055fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xiii, 133 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T22055fkT22055fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Pengembangan Modul Psikoterapi Psikodinamik Jangka Pendek untuk Peningkatan Mentalisasi dan Relasi Interpersonal bagi Penyalahguna NAPZA = Modul of Brief Psychoterapy Psychodinamic to Enhance Mentalization and Interpersonal Relationship for Drug Abuser.

Related Collection