Text

Hubungan antara Hipertensi dengan Penanda Fungsi Ginjal pada Subjek Dewasa yang Tinggal di Kawasan Kampung Kota Jakarta dan Tangerang = Correlation between Hypertension and Markers of Kidney Function in Adult Subjects of Suburban Area Around Jakarta and Tangerang.

Latar belakang: Hipertensi adalah kelainan yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah dan jika tidak terkontrol dapat berisiko mempengaruhi fungsi ginjal. Pada penelitian sebelumnya, terdapat hubungan antara tingkat ekonomi dan prevalensi hipertensi. Kawasan kampung kota merupakan kawasan yang mayoritas masyarakat memiliki tingkat ekonomi rendah dimana mempengaruhi prevalensi hipertensi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara hipertensi dengan penanda fungsi ginjal pada subjek dewasa yang tinggal di kawasan kampung kota Jakarta dan Tangerang. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode cross sectional pada subjek dewasa yang tinggal di kawasan kampung kota Jakarta dan Tangerang. Data yang digunakan adalah data sekunder pada penelitian PINTER MIDI UI yang diambil pada tahun 20192020. Subjek penelitian diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil: Kami menganalisis data tekanan darah dan penanda fungsi ginjal dari 158 subjek dewasa. Diperoleh hasil masing-masing 7,0% mengalami hipertensi sistolik atau diastolik, 4,4% mengalami hipertensi sistolik dan diastolik, serta 4,4% mengalami penurunan fungsi ginjal. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji fisher, tidak terdapat hubungan antara hipertensi sistolik (p=0,077) dan diastolik (p=0,403) dengan e-GFR pada subjek dewasa yang tinggal di kawasan kampung kota Jakarta dan Tangerang. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara hipertensi sistolik dan hipertensi diastolik dengan penanda fungsi ginjal yang dihitung menggunakan e-GFR CKD-EPI pada subjek dewasa yang tinggal di kawasan kampung kota Jakarta dan Tangerang.
Kata kunci: Hipertensi Sistolik, Hipertensi Diastolik, e-GFR, Penyakit Ginjal Kronik.


Introduction: Hypertension is a disorder that is marked by an increase of blood pressure. If it's uncontrollable, it might affect on the kidney's function. The last research found that there are relations between socioeconomic status and the prevalence of hypertension. The majority of people living in the suburban area has low socioeconomic status which affects the prevalence of hypertension. This research is confucted to see the correlation between hypertension and kidney function marker on the adult population who lives in the suburban area of Jakarta and Tangerang. Method: This research is conducted by using cross-sectional method on the adult population who lives in the suburban area of Jakarta and Tangerang. The data is secondary and was taken from PINTER MIDI UI in 2019-2020. The subject has been selected based on the inclusion and exclusion criteria. Result: We analyze the data of blood pressure and kidney function marker of 158 adult subjects. We found We found 7,0% has systolic hypertension, 7,0% has diastolic hypertension, and 4,4% decreased of markers of kidney function. Based on the analysis using Fisher test, there are no correlation between systolic hypertension (p=0,077) and diastolic hypertension (p=0,403) with e-GFR on adult subjects living in the suburban area of Jakarta and Tangerang. Conclusion: There are no correlation between systolic and diastolic hypertension with kidney function marker that is counted by using CKD EPI formula on adult subjects living in the suburban area of Jakarta and Tangerang.
Keywords: Systolic Hypertension, Diastolic Hypertension, e-GFR, Chronic Kidney Disease

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2021
Pengarang

Muhammad Raihandhia Alifahna - Nama Orang

No. Panggil
S21047fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xvi, 53 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
SBP Online
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
S21047fkS21047fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Hipertensi dengan Penanda Fungsi Ginjal pada Subjek Dewasa yang Tinggal di Kawasan Kampung Kota Jakarta dan Tangerang = Correlation between Hypertension and Markers of Kidney Function in Adult Subjects of Suburban Area Around Jakarta and Tangerang.

Related Collection