Tesis

Prevalensi food craving dan hubungannya dengan ciri kepribadian pada ibu hamil di Jakarta = Food craving prevalence and its relation to personality trait on pregnant women in Jakarta.

Latar Belakang: Food craving merupakan salah satu fenomena yang sering dijumpai pada ibu hamil. Dipercaya terdapat beberapa hipotesis yang melatarbelakangi munculnya fenomena ini, salah satunya adalah faktor budaya dan psikososial. Selain itu, ciri kepribadian terbukti berpengaruh terhadap kejadian obesitas dan adiksi. Namun, belum ada penelitian yang menilai apakah ciri kepribadian berpengaruh terhadap kejadian food craving pada ibu hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prevalensi food craving, jenis makanan yang diidamkan dan hubungannya dengan ciri kepribadian ibu hamil di Jakarta. Metode: Penelitian potong lintang analitik dengan metode angket. Melibatkan 500 orang ibu hamil yang tersebar di 5 kotamadya Jakarta dan berasal dari 6 rumah sakit dan 6 pusat kesehatan masyarakat di DKI Jakarta. Penentuan kejadian mengidam berdasarkan kuesioner Food Craving Inventory yang sudah diterjemahkan dan divalidasi sesuai dengan makanan di Indonesia. Untuk ciri kepribadian, digunakan kuesioner Big Five Factor Marker yang sudah diterjemahkan dan divalidasi ke Bahasa Indonesia. Dilakukan analisis statistik komparatif dan korelatif terhadap hasil yang didapatkan. Hasil: Prevalensi food craving pada ibu hamil di Jakarta adalah 63,8%. Jenis makanan yang banyak diidamkan pada ibu hamil adalah buah (50,8%) dan diikuti dengan karbohidrat atau pati. Jenis buah terbanyak yang diidamkan pada ibu hamil adalah mangga sementara jenis karbohidrat terbanyak yang diidamkan ibu hamil adalah nasi. Terdapat perbedaan yang bermakna signifikan pada usia ibu hamil yang mengidam (usia 21-25 tahun) dan primigravida terhadap kejadian mengidam (p < 0,05). Ciri kepribadian terbanyak pada responden ibu hamil di Jakarta yang dominan adalah ciri kepribadian concientiousness (65,5%). Terdapat hubungan yang bermakna antara ciri kepribadian neurocitism dengan kejadian mengdiam nilai OR 9,146 [IK 95%: 2,756-30,354]. Kesimpulan: Prevalensi food craving di Jakarta cukup tinggi yaitu 63,8%. Didapatkan hubungan yang signifikan dari ciri kepribadian neurocitism dengan kejadian mengidam pada ibu hamil.
Kata Kunci: food craving, ciri kepribadian, jenis makanan, kehamilan


Background: Food craving is a common phenomenon found in pregnant women. Several hypothesis have been developed to explain this phenomenon, including psychosocial and cultural model. In addition, personality trait had been linked to obesity and addiction. However, there was no study showing whether there is relationship between food craving and personality trait. The aim of this study is to show the prevalence of food craving, type of food mostly craved, and its relation to personality trait. Methods: Cross-sectional analytic study using quiestionnaire on 500 pregnant women in Jakarta, Indonesia. Sampling was randomized in 6 hospitals and 6 primary health care in each district of Jakarta. Food craving was determined using translated and validated Food Craving Inventory Indonesian version. Personality trait was determined using Big Five Factor Marker that has been translated and validated in Indonesia. Performed comparative and correlative statistical analysis. Results: Food craving prevalence in Jakarta is 63,8%. The most craved food type are fruits (50,8%) followed by carbohydrate. The most craved fruit is mango and the most carbohydrate craved is rice. There was significant difference between the age of mother who had food craving, the most craved women was in age group 2125 years old and primigravid (p < 0,05). The most common personality trait in pregnant women in Jakarta was conscientiousness (65,5%). There was correlation between neurocitism personality trait and food craving with OR 9,146 [95% CI: 2,756-30,354]. Conclusion: Food craving prevalence in Jakarta is quite high (63,8%). There was significant correlation between pregnant women’s personality trait and food craving.
Keywords: food craving, personality trait, food type, pregnancy

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2021
Pengarang

Muhammad Ikhsan - Nama Orang
Rina Agustina - Nama Orang
Martina Wiwie Setiawan - Nama Orang
Damar Prasmusinto - Nama Orang

No. Panggil
T21348fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xiv, 93 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T21348fkT21348fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prevalensi food craving dan hubungannya dengan ciri kepribadian pada ibu hamil di Jakarta = Food craving prevalence and its relation to personality trait on pregnant women in Jakarta.

Related Collection