Tesis

Comparison of Intermaxillary Cast to Evaluate Nasoalveolar Molding Effect in Narrowing The Width of Alveolar And Palate, and The Length of Alveolar Gap in Unilateral Cleft Lip and Palate Patient = Perbandingan Cast Intermaksila untuk Mengevaluasi Nasoalveolar Molding dalam Mempersempit Lebar Celah Alveolar dan Palatum, dan Perbedaan Panjang Celah Alveolar pada Pasien Sumbing Bibir dan Lelangit Satu Sisi.

Cleft lip and palate is the most common congenital anomalies treated by plastic surgeons. Pre and postsurgical orthodontic and orthofacial techniques which have been applied to overcome the problems associated with wide unilateral cleft lip and palate (UCLP) are varies. One of technique that we use in our institution is nasoalveolar molding (NAM). The aim of this study is to evaluate and compare the cleft width of alveolar and palate, and the length of alveolar gap on the intermaxillary cast from the patient with unilateral cleft lip and palate, before and after NAM. The study is a pre- post- study, the data was collected retrospective. Intraoral maxillary cast taken from all unilateral cleft lip and palate patients before and after NAM at CCC Plastic Surgery Divison Cipto Mangunkusumo Hospital. There were 21 pairs of intermaxillary casts included. The results showed that the interalveolar and interspina width before and after NAM was significance (p=0.00). And also the correlation between interalveolar length before and after NAM was significance (p=0.00). The significance correlation of the intermaxillary casts showed all the interalveolar and interspina width could be reduced by NAM application and achieved the desired direction using NAM.
Keywords: Cleft lip and palate, NAM, interalveolar, interspina, intermaxillary cast


Sumbing bibir dan lelangit adalah kelainan kongenital yang paling umum ditangani oleh bedah plastik. Teknik ortodonti dan orthofasial yang diaplikasikan untuk menangani masalah terkait lebarnya celah sumbing bibir dan lelangit bervariasi. Salah satu Teknik yang diaplikasikan di institusi kami adalah pemasangan nasoalveolar molding (NAM). Tujuan studi ini adalah untuk mengevaluasi dan membandingkan lebar celah alveolar dan palatum, dan perbedaan panjang celah alveolar pada cast intermaksila pada pasien dengan sumbing bibir dan lelangit satu sisi, sebelum dan sesudah NAM. Studi ini merupaka studi pre- post-, data diambil retrospektif. Seluruh cast intermaksila diambil dari pasien sumbing bibir dan lelangit satu sisi sebelum dan sesudah NAM di CCC Divisi Bedah Plastik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Terdapat 21 pasang cast intermaksila diinklusikan. Terdapat hubungan signifikan pada ukuran lebar interalveolar dan interspina sebelum dan sesudah NAM (p=0.00). Serta terdapat hubungan signifikan pada panjang alveolar sebelum dan sesudah NAM (p=0.00). Hubungan signifikan menunjukkan lebar interalveolar dan interspina berkurang, dan dapat mencapai arah yang diinginkan dengan menggunakan NAM.
Keywords: Sumbing bibir dan lelangit, NAM, interalveolar, interspina, cast intermaksila

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2020
Pengarang

Nandya Titania Putri - Nama Orang
Prasetyanugraheni Kreshanti - Nama Orang
Julieta Pancawati - Nama Orang
Dewi Friska - Nama Orang

No. Panggil
T20402fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Bedah Plastik.,
Deskripsi Fisik
xiv, 30 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T20402fkT20402fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Comparison of Intermaxillary Cast to Evaluate Nasoalveolar Molding Effect in Narrowing The Width of Alveolar And Palate, and The Length of Alveolar Gap in Unilateral Cleft Lip and Palate Patient  = Perbandingan Cast Intermaksila untuk Mengevaluasi Nasoalveolar Molding dalam Mempersempit Lebar Celah Alveolar dan Palatum, dan Perbedaan Panjang Celah Alveolar pada Pasien Sumbing Bibir dan Lelangit Satu Sisi.

Related Collection