Skripsi

Hubungan Polutan Logam Berat dengan Anemia pada Masyarakat Usia Produktif Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Kelurahan Gajahmekar dan Kelurahan Andir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Anemia merupakan masalah kesehatan global yang dapat menyerang semua kalangan. Prevalensi anemia secara global adalah sebesar 24,8%. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kadar polutan dalam darah dengan kejadian anemia pada warga DAS Citarum, Jawa Barat. Desain studi yang digunakan adalah cross sectional dengan menggunakan data sekunder dari penelitian INDOHUN yang diambil pada tahun 2018. Hubungan polutan Hg, Pb, Cd, dan Cr dengan anemia dianalisis menggunakan uji Chi-square dengan nilai kemaknaan α 0,05 dan interval kepercayaan 95%. Dari 162 subyek yang didapat, ditemukan 16,7% (n=27) menderita anemia dan 17,3% (n=28) terdeteksi logam berat (Hg/Pb/Cd/Cr) dalam tubuh. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan signifikan (P=1,000) antara polutan Hg, Pb, Cd, dan Cr dengan anemia. Hingga saat ini, belum ada studi yang secara spesifik melihat hubungan antara polutan Hg, Pb, Cd, dan Cr di air dengan risiko anemia.
Kata kunci: Anemia, DAS Citarum, Logam Berat, Polutan Hg, Polutan Pb, Polutan Cd, Polutan Cr


Anemia is a global health problem that can affect all population. The global prevalence of anemia is 24,8%. Diagnosis of anemia is confirmed by the measurement of hemoglobin concentration. According to the WHO, the hemoglobin cutoff assigned for the diagnosis of anemia was

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2020
Pengarang

Nabitha Putriajeng Nuraisya - Nama Orang
Retno Asti Werdhani - Nama Orang

No. Panggil
S20133fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xii, 39 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S20133fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S20133fkS20133fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan Polutan Logam Berat dengan Anemia pada Masyarakat Usia Produktif Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum Kelurahan Gajahmekar dan Kelurahan Andir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Related Collection