Skripsi

Analisis Progresivitas Aterosklerosis Ditinjau dari Kesehatan Pembuluh Darah Dengan Nilai Prediksi Daya Tahan Kardiorespirasi dan Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Aterosklerosis pada Pekerja Duduk = Analysis of Atherosclerosis Progressivity based on the Health of Blood Vessels with Predicted Cardiorespiratory Endurance and Factors Related to Atherosclerosis in Sitting Workers .

Pada tahun 2030-2040 Indonesia akan mengalami bonus demografi dengan persentase usia produktif akan jauh lebih besar dari usia non-produktif. Pekerja duduk sebagai contoh representatif dari golongan usia produktif rentan mengalami aktivitas fisik sedenter yang dapat menjadi salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung dan pembuluh darah yang seringkali berawal dari masalah aterosklerosis. Dari masalah tersebut peneliti ingin mengetahui hubungan antara aterosklerosis dengan faktor-faktor yang dapat berhubungan dengan aterosklerosis ditinjau dari kesehatan pembuluh darah dan nilai daya tahan kardiorespirasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga independen yang ada di Jakarta pada bulan Januari–April 2019, dengan menggunakan metode potong lintang terhadap 82 pekerja duduk yang telah diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder yang diambil dari data intervensi dari penelitian induk dan seluruh data merupakan data yang valid. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hubungan antara progresivitas aterosklerosis dengan faktor-faktor yang dapat berhubungan dengan aterosklerosis seperti daya tahan kardiorespirasi, persentase lemak, umur, jenis kelamin, kebiasaan merokok dan aktivitas fisik menggunakan uji analisis bivariat dan uji analisis multivariat. Hasil yang didapat menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan secara statistik baik menggunakan uji bivariat maupun uji multivariat antara nilai progresivitas aterosklerosis dengan faktor-faktor yang memengaruhinya. Selain itu faktor-faktor yang selama ini diketahui dapat berhubungan dengan aterosklerosis ternyata dapat juga tidak berhubungan dengan aterosklerosis pada beberapa kondisi seperti yang terjadi pada penelitian ini. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang dapat memberikan variasi pada sebaran karakteristik subjek.
Kata kunci: Aterosklerosis, daya tahan kardiorespirasi, latihan kardiorespirasi, pekerja duduk


In 2030-2040 Indonesia will experience demographic bonuses with the percentage of productive age will be much greater than non-productive age. Sitting Worker as a representative example of the productive age group are vulnerable to sedentary physical activity which can be one of the main risk factors for heart and blood vessel disease originating from the progression of atherosclerosis. From these problems the researchers wanted to know the relationship between atherosclerosis with factors that can be related to atherosclerosis in terms of blood vessel health and cardiorespiratory endurance value. This research was conducted at one of the independent institutions in Jakarta in January - April 2019, using the cross-sectional method of 82 seated workers selected according to inclusion and exclusion criteria. The data used in this study are secondary data taken from intervention data from main research and all data are valid data. Data analysis was performed by comparing the relationship between the progression of atherosclerosis with factors that could be related to atherosclerosis such as cardiorespiration endurance, fat percentage, age, sex, smoking hazard and physical activity using bivariate analysis and multivariate analysis. The results obtained showed that there was no statistically significant relationship using either the bivariate test or the multivariate test between the value of atherosclerotic progression with factors that could be related to atherosclerosis. In addition, factors that have been related to atherosclerosis do not seem to be related to atherosclerosis in several conditions as happened in this study. Further research that can provide variations in the distribution of subject characteristics is needed to complete this research.
Keywords: Atherosclerosis, cardiorespiratory endurance, cardiorespiratory exercise, sitting workers

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Bintang Wirawan - Nama Orang
listya Tresnanti Mirtha - Nama Orang

No. Panggil
S19099fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 Reguler.,
Deskripsi Fisik
xv, 54 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S19099fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S19099FKS19099fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Analisis Progresivitas Aterosklerosis Ditinjau dari Kesehatan Pembuluh Darah Dengan Nilai Prediksi Daya Tahan Kardiorespirasi dan Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Aterosklerosis pada Pekerja Duduk = Analysis of Atherosclerosis Progressivity based on the Health of Blood Vessels with Predicted Cardiorespiratory Endurance and Factors Related to Atherosclerosis in Sitting Workers .

Related Collection