Tesis

Insiden dan faktor risiko cedera olahraga atlet junior salah satu klub bulutangkis pada Sirkuit Nasional Premier 2019 di Jawa Barat = Incidence and sports injury’s risk factor of junior athletes in one of badminton club on Sirkuit Nasional Premier 2019 in Jawa Barat.

Penelitian ini membahas insiden cedera dan faktor-faktor risiko cedera yang berhubungan pada olahraga bulutangkis. Penelitian ini dilakukan pada sebuah kejuaraan nasional yang diadakan di Indonesia. Terdapat 128 atlet bulutangkis junior yang berasal dari satu klub yang sama dan mengikuti kejuaraan ini. Penelitian ini menggunakan metode kohort retrospektif. Hasil penelitian ini yaitu insiden cedera pada bulutangkis adalah 18% dengan cedera terbanyak tipe akut (strain, sprain) dan terdapat pada ekstremitas bawah. Jenis cedera yang paling banyak ditemukan adalah tendinopathy. Faktor-faktor risiko yang berhubungan dengan insiden cedera pada bulutangkis adalah usia atlet ≥ 15 tahun, dan jumlah pertandingan ≥ 3.
Kata kunci : Insiden cedera, badminton.


The focus of this study is incidence and its correlation with risk factor of injuries in badminton. This study conducted in one of Indonesia national badminton tournament. There are 128 badminton junior athletes who participated in this study. The method of this study is retrospective cohort. The result of this study are incidence of sport injuries in badminton (18%), with the most common injuries was acute (strain, sprain), and localized in lower extremity. Tendinopathy is the most common injury in this study. The risk factor are age ≥ 15 years old, and match ≥ 3 times.
Keywords: Incidence of injuries, badminton.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Finna Augustina Suryanto - Nama Orang
Indah Suci Widyahening - Nama Orang
Ade Tobing - Nama Orang

No. Panggil
T19527fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Kedokteran Olahraga.,
Deskripsi Fisik
xii, 60 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T19527fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19527fkT19527fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Insiden dan faktor risiko cedera olahraga atlet junior salah satu klub bulutangkis pada Sirkuit Nasional Premier 2019 di Jawa Barat = Incidence and sports injury’s risk factor of junior athletes in one of badminton club on Sirkuit Nasional Premier 2019 in Jawa Barat.

Related Collection