Tesis

Prediksi Ukuran Volume Hati Pada Pasien Donor Transplantasi Hati Berdasarkan Formula Biometrik Dibandingkan Dengan CT Volumetri.

Pendahuluan: Volume hati sangat penting diketahui untuk menentukan kesesuaian graft pada Living Donor Liver Transplant (LDLT) dan untuk menentukan resektabilitas organ. Salah satu kunci kesuksesan dari LDLT adalah dengan diketahuinya volume parenkim hati yang adekuat baik untuk donor maupun resipien. CT Volumetri merupakan gold standard dalam menghitung volume hati non invasif. 4 Namun pada pelaksanannya terdapat keterbatasan fasilitas, terbatasnya ketersediaan piranti lunak, dan membutuhkan waktu yang lama. 8 Sampai saat ini belum disepakati formula biometrik yang sesuai dalam memprediksi volume hati pasien donor hati di Indonesia. Metode: Desain penelitian ini cross sectional untuk mengetahui formula yang mendekati prediksi volume hati pada pasien donor transplantasi dewasa di Indonesia. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo berdasarkan data pasien dari 1 Januari 2010 – 3 Oktober 2019. Hasil: Perbedaan antara ELV dengan CLV didapatkan paling kecil pada formula Poovatumkadavil dkk dengan perbedaan -24.484cm 3 , kemudian Vauthey dkk dengan nilai perbedaan -27.153 dan disusul Yoshizumi dkk dengan hasil beda -44.253. Pada grafik Bland-Altman dapat dilihat bahwa perbedaan terkecil ada pada formula yang diusulkan oleh Poovatumkadavil disertai dengan limit of agreement paling kecil dibandingkan formula lainnya. Kesimpulan: Formula biometrik yang diajukan oleh Poovatumkadavil dkk didapatkan paling akurat dalam memprediksi volume hati dewasa di RSCM berdasarkan prediksi volume hati dengan CT volumetrik.
Kata kunci: Volume hati, transplantasi hati, formula biometrik, CT volumetric

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Adinda Bunga Syafina - Nama Orang
Damayanti Sekarsari - Nama Orang
Agi Satria - Nama Orang

No. Panggil
T19464fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Bedah.,
Deskripsi Fisik
x, 42 hlm. ; 15 x 24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T19464fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19464fkT19464fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Prediksi Ukuran Volume Hati Pada Pasien Donor Transplantasi Hati Berdasarkan Formula Biometrik Dibandingkan Dengan CT Volumetri.

Related Collection