Tesis

Efektivitas NAC (N-asetilsistein) terhadap keberhasilan berhenti merokok,derajat withdrawal dan craving pada program berhenti merokok = Efficacy of N-Acetylcysteine for Smoking Abstinence, Withdrawal and Craving in Smoking Cessation Program.

Latar belakang: Penggunaan tembakau menimbulkan ketergantungan nikotin sehingga proses berhenti merokok menjadi sulit dan membutuhkan bantuan khusus. Keterbatasan terapi berhenti merokok di Indonesia mendorong lahirnya terapi farmakologi alternatif. Hasil penelitian preklinik menunjukkan terdapat peluang efektivitas N-acetylcistein (NAC) terhadap berhenti merokok. Metode: Penelitian ini menggunakan uji acak plasebo terkontrol pada perokok yang dilakukan selama Januari-Desember 2018. Sebanyak 90 perokok mendapatkan perlakuan yang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu NAC 2x1200 mg dan plasebo selama 4 minggu. Pengamatan dilakukan pada minggu ke 1,2,3 dan 4. Pada akhir perlakuan dilakukan penilaian abstinence rate (AR), nilai withdrawal dan craving. Hasil: Nilai AR pada kelompok NAC sebesar 37,7% sementara kelompok plasebo 6,7%. Pada variabel demografi yang bermakna terhadap abstinence adalah skor Fagestorm, motivasi dan nilai CO ekshalasi dasar dan percobaan berhenti merokok sebelumnya. Pada variabel akhir penelitian yaitu nilai CO ekshalasi akhir, jumlah rokok akhir, nilai withdrawal akhir dan nilai craving akhir bermakna secara statistik ( nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Annisa Dian Harlivasari - Nama Orang
Agus Dwi Susanto - Nama Orang
Feni Fitriani Taufik - Nama Orang
Tribowo Tahuata Ginting - Nama Orang

No. Panggil
T19249fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xiii, 87 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T19249fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19249fkT19249fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Efektivitas NAC (N-asetilsistein) terhadap keberhasilan berhenti merokok,derajat withdrawal dan craving pada program berhenti merokok = Efficacy of N-Acetylcysteine for Smoking Abstinence, Withdrawal and Craving in Smoking Cessation Program.

Related Collection