Tesis

Telaah Pencapaian IPSG (International Patient Safety Goals) oleh Tenaga Kesehatan di Departemen Obstetri dan Ginekologi RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya = Analysis of IPSG (International Patient Safety Goals) Achievement by Medical Staff at Obstetric and Gynecology Department on RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) and Other Factors Influence.

Latar Belakang : Masalah keselamatan pasien adalah masalah yang ada di seluruh belahan dunia. Pada tahun 2011 terdapat sebuah penelitian di RSCM yang menilai kualitas pelayanan dari dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan keberwujudan. Dari penelitian tersebut diperoleh bahwa 73,2% dari 112 pasien yang diteliti menyatakan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanannya, RSCM sudah mengikuti akreditasi JCI pada 2013. Tujuan : Mengetahui pencapaian IPSG oleh tenaga kesehatan di departemen obstetri dan ginekologi RSCM dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Metode : Penelitian ini menggunakan disain potong lintang di RSCM dengan menggunakan kuisioner. Responden yang memenuhi kriteria inklusi dicatat dan data yang diperoleh diolah secara statistik. Hasil : Dari data yang dikumpulkan sejak Mei hingga Agustus 2018 didapatkan pencapaian IPSG oleh tenaga kerja di departemen obstetri dan ginekologi di RSCM yaitu untuk IPSG 1 92,4%, IPSG 2 94,4%, IPSG 3 95,1%, IPSG 4 88,7%, IPSG 5 88,7% dan IPSG 6 84,9 %. Lama bekerja di unit yang bersangkutan, lama kerja sejak lulus, harapan gaji yang diterima, supervisi yang dirasakan oleh tenaga kesehatan dan tingkat pendidikan terakhir tenaga kesehatan memiliki hubungan yang bermakna terhadap pencapaian IPSG. Kesimpulan : Pencapaian IPSG oleh tenaga kesehatan di departemen obstetri dan ginekologi RSCM adalah cukup tinggi. Pencapaian yang cukup tinggi tersebut berhubungan dengan beberapa karakteristik, faktor psikologis dan faktor organisasi.
Kata Kunci : IPSG, patient safety, RSCM


Background : Patient safety is become a problem world wide. On 2011 there was a research at RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo that analyze the quality of medical services from the reliability, responsiveness, guarantee, emphaty and manifestation. From the research stated that 73,2% from 112 patients was not satisfied with the medical services. To improve the quality, RSCM had the JCI accredited on 2013. Purpose :To know the IPSG achievement by medical staff at obstetric and gynecology department on RSCM and to know the other factors that influence the achievement. Method : This research used cross sectional design with randomized sampling. Data that fulfilled the inclusion criteria were collected and analyzed. Result : From the data that we collected since May until August 2018 conclude that the IPSG achievement by medical staff at obstetric and gynecology department on RSCM are 92,4% for IPSG 1, 94,4% for IPSG 2, 95,1% for IPSG 3, 88,7% for IPSG 4 and 84,9% for IPSG 5. There was a correlation between the length of time working in the same unit, length of time since graduation, the salary that the medical staff expected, supervise, and the last education of the medical staff with IPSG achievement. Conclusion : IPSG achievement by medical staff at obstetric and gynecology on RSCM is high. The achievement is correlate with some of the characteristics, psychological and organization.
Keywords : IPSG, patient safety, RSCM

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Aginta M.L Ginting - Nama Orang
J M Seno Adjie - Nama Orang

No. Panggil
T18587fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xv, 98 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18587fkT18587fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Telaah Pencapaian IPSG (International Patient Safety Goals) oleh Tenaga Kesehatan di Departemen Obstetri dan Ginekologi RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya = Analysis of IPSG (International Patient Safety Goals) Achievement by Medical Staff at Obstetric and Gynecology Department on RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) and Other Factors Influence.

Related Collection