Tesis

Hubungan fragmented QRS Complexes (fQRS) dan Derajat Kompleksitas Lesi Koroner pada Pasien Jantung Koroner = The Relationship between fragmented QRS Complexes (fQRS) and The Severity of Coronary Artery Lesion in Coronary Artery Disease.

Latar Belakang: Derajat kompleksitas lesi koroner yang berat merupakan prediktor mortalitas dan Major Adverse Cardiovascular Event (MACE) serta penentuan revaskularisasi pada penyakit jantung koroner (PJK). Fragmented QRS (fQRS) dinilai sebagai penanda iskemia atau cedera miokardium PJK. Hubungan fQRS dan derajat kompleksitas lesi koroner perlu diteliti lebih lanjut pada pasien PJK di Indonesia. Tujuan: Mengetahui hubungan fQRS dan derajat kompleksitas lesi koroner pada pasien penyakit jantung koroner. Metode: Penelitian potong lintang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, mengambil data sekunder pada 172 pasien jantung koroner yang menjalani percutaneous coronary intervention (PCI) di Cath Lab pada bulan Januari – Juni 2018 secara total sampling. Pasien dibagi berdasarkan adanya tidaknya fQRS. Data demografi, klinis, dan deajat kompleksitas (skor Gensini) diteliti. Hubungan antara adanya fQRS dan derajat kompleksitas lesi koroner dianalisis dengan uji kesesuaian. Hasil: Sembilan puluh empat (54,6%) subjek terdapat gambaran fQRS. Pada analisis didapatkan hubungan antara fQRS dengan kategori skor Gensini ringan-sedang dan ringan-berat dengan kesesuaian baik (kappa 0,721 dan 0,820; p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Muhammad Hafiz Aini - Nama Orang
Ika Prasetya Wijaya - Nama Orang
Eka Ginanjar - Nama Orang
Andhika Rachman - Nama Orang

No. Panggil
T18580fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Ilmu Penyakit Dalam.,
Deskripsi Fisik
xviii, 81 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18580fkT18580fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan fragmented QRS Complexes (fQRS) dan Derajat Kompleksitas Lesi Koroner pada Pasien Jantung Koroner = The Relationship between fragmented QRS Complexes (fQRS) and The Severity of Coronary Artery Lesion in Coronary Artery Disease.

Related Collection