Tesis

Hubungan antara Profil Sosio-Demografi dengan Gangguan Jiwa pada Anak yang Mengalami Kekerasan Seksual di Jakarta = The Association Between Sosio-Demographic Profile and Mental Disorders in Children Who Experienced Sexual Violence in Jakarta.

Pendahuluan : Anak yang mengalami kekerasaan seksual memiliki risiko lebih besar untuk mengalami gangguan jiwa dan faktor sosio-demografi dinilai memengaruhi timbulnya gangguan jiwa tersebut. Tujuan penelitian untuk melihat gambaran profil sosio-demografi pada anak yang mengalami kekerasan seksual serta melihat hubungan antara profil sosio-demografi tersebut dengan gangguan jiwa. Metode : Penelitian obsevasional dengan rancangan studi analitik potong lintang yang dilakukan pada Februari 2017 hingga Juli 2018 dengan melibatkan 101 anak di RSUPN Cipto Mangunkusumo dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi DKI Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner data demografi, SPM dan CPM untuk kapasitas intelektual serta MINI-KIDS untuk penilaian gangguan jiwa. Analisis data menggunakan uji chi-aquare dan Fisher-exact test untuk analisis bivariat dan regresi logistik untuk analisis multivariat. Hasil : Dari penelitian ini diperoleh hasil kekerasan seksual terjadi 40,6% pada usia kanak dan 70,3% subjek berjenis kelamin perempuan. Sejumlah 35,7% subjek memiliki kapasitas intelektual di bawah rata-rata. Jenis kekerasan seksual terbanyak (64,3%) adalah kekerasan seksual kontak dengan penetrasi. Psikopatologi terbanyak adalah gangguan penyesuaian dengan afek depresi (18,9%), sementara gangguan stres pasca trauma sebesar 2%. Gangguan penyesuaian umumnya dialami setelah anak menghadapi stressor lain pasca kejadian kekerasan seksual. Usia pertama kali mengalami kekerasan seksual, kapasitas intelektual anak dan jenis kekerasan seksual adalah faktor sosio-demografi yang berkorelasi positif dengan timbulnya gangguan jiwa (p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Cherry Chaterina Silitonga - Nama Orang
Noorhana Setiawati - Nama Orang
Fransiska Kaligis - Nama Orang
Nurmiati Amir - Nama Orang

No. Panggil
T18560fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Spesialis Bidang Studi Ilmu Kedokteran Jiwa.,
Deskripsi Fisik
xv, 85 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18560fkT18560fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Hubungan antara Profil Sosio-Demografi dengan Gangguan Jiwa pada Anak yang Mengalami Kekerasan Seksual di Jakarta = The Association Between Sosio-Demographic Profile and Mental Disorders in Children Who Experienced Sexual Violence in Jakarta.

Related Collection